WASP-12b, Exoplanet Berbentuk Telur yang Menjadi Korban 'Kanibalisme'
 Ilustrasi exoplanet WASP-12b (foto: dok. NASA)

Bagikan:

 

JAKARTA – WASP-12b merupakan exoplanet yang ditemukan pada tahun 2008 dan dikategorikan sebagai planet Jupiter yang panas. Planet yang berbentuk telur ini berjarak sekitar 1.393 tahun cahaya dari Bumi.

Berdasarkan hipotesis yang dipercaya oleh para astronom, WASP-12b berbentuk telur karena mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya. Akibat jaraknya yang sangat dekat, planet ini menjadi korban kanibalisme karena dimakan oleh bintang induknya.

Secara konsep, NASA menjelaskan bahwa planet ini memiliki orbit 1,1 hari. WASP-12b dipercaya sebagai exoplanet yang sangat panas, tetapi jaraknya yang dekat dengan bintang membuat atmosfer planetnya mulai menghilang secara perlahan.

Materi dari WASP-12b pun jatuh ke bintang induknya. Menurut perkiraan NASA, kekuatan planet yang terus dicuri akan membuat WASP-12b musnah sebelumnya. Dalam waktu 10 juta tahun lagi, planet ini akan habis dan hancur sepenuhnya.

Meski dikategorikan ke dalam kelompok Jupiter, WASP-12b merupakan planet yang berukuran dua kali lipat dari Jupiter. Planet ini disebut sebagai gas raksasa yang mendesis karena memiliki suhu sekitar 2.210 derajat celsius.

WASP-12b memang dihancurkan oleh bintang induknya, tetapi ada faktor lain yang membuat planet tersebut berbentuk seperti telur. Menurut temuan para astronom, bentuk ini tercipta karena gaya pasang surut yang sangat besar.

Semakin lama, ukuran WASP-12b semakin menyusut karena bintangnya terus mencuri potongan planet terdekat. Potongan-potongan ini dipercaya akan membentuk monster Frankenstein, yaitu planet yang terbentuk dari puing-puing yang telah mati.