Bagikan:

 JAKARTA - NASA menguji dua model robot penjelajah yang disebut sebagai Cooperative Autonomous Distributed Robotic Exploration (CADRE). Robot ini rencananya akan digunakan untuk mengeksplorasi Bulan.

NASA telah menempatkan dua penjelajah CADRE di Pekarangan Mars. Tempat pengujian yang didesain seperti permukaan Mars ini berada di Jet Propulsion Laboratory (JPL). Menurut pengakuan NASA, robot tersebut telah berada di Pekarangan Mars sejak tahun lalu.

Selama berada di Pekarangan Mars, NASA menguji perangkat keras dan perangkat lunak di dalam CADRE. Hal ini dilakukan agar CADRE bisa mencapai tujuan utamanya dan bisa melaju bersama dalam bentuk formasi saat menghadapi rintangan yang ada di Bulan.

CADRE memanfaatkan dukungan panel surya, sama seperti robot penjelajah buatan NASA lainnya. Namun, selama pengujian, hanya satu model robot yang menggunakan panel surya, sedangkan robot lainnya bisa membaca tingkat baterai satu sama lain.

Peran robot tanpa panel surya ini cukup penting. Mereka bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk beristirahat dan mengisi ulang tenaga surya mereka. Setelah beristirahat dan mengisi tenaga, robot-robot ini akan melanjuti eksplorasi secara beriringan.

Selain menguji panel suryanya, NASA juga melakukan pengujian berkendara di malam hari menggunakan lampu besar. Hal ini dilakukan untuk mensimulasikan bayangan dan pencahayaan ekstrem yang akan dialami oleh robot CADRE saat siang hari di Bulan.

"Beberapa perjalanan dilakukan pada malam hari di bawah lampu sorot besar sehingga penjelajah dapat merasakan bayangan dan pencahayaan ekstrem yang mendekati apa yang akan mereka temui pada siang hari di bulan," jelas pihak JPL NASA beberapa waktu lalu.

CADRE rencananya akan ikut serta dalam inisiatif Commercial Lunar Payload Services (CLPS) NASA berikutnya. Robot ini diharapkan mendarat di wilayah Reiner Gamma dan," menyelesaikan tugas dan mencatat data secara mandiri, tanpa perintah eksplisit dari pengontrol misi di Bumi."