Keuntungan Menggunakan e-Meterai: Ada 7 yang Harus Kalian Ketahui
Keuntungan Menggunakan e-Meterai (foto: Paper.ID)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemakaian e-Materai tak cuman memberi kemudahan di dalam membubuhkan di dokumen elektronik, namun juga memberikan keuntungan lain untuk orang pribadi maupun badan usaha, seperti halnya meminimalisir pemalsuan dokumen atau materai itu sendiri karena adanya teknologi yang tersimpan di dalamnya. Lantas apa saja keuntungan menggunakan e-meterai? Yuk kita bahas di bawah ini, simak sampai akhir ya!

Mengenal e-Materai

Melansir dari situs resminya e-Materai, Materai elektronik merupakan salah satu jenis materai yang berupa format elektronik dengan ciri khusus dan mengandung unsur pengamanan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang dipakai untuk membayar pajak atas dokumen elektronik.

Sementara itu bagi Peraturan Pemerintah (PP) No 86 Tahun 2021, meterai elektronik merupakan meterai berbentuk lanel yang penggunaannya dilakukan dengan metode dibubuhkan pada dokumen lewat sistem tertentu.

Saat ini, cuma ada 1 tarif e-Meterai yang berlaku serta digunakan pada segala tipe dokumen elektronik, yakni Rp 10. 000. Pembeliannya bisa dilakukan lewat web resmi e-Meterai ataupun lewat partner resmi yang lain, semacam OnlinePajak.

Keuntungan Menggunakan e-Meterai

1. Meminimalisir Pemalsuan

Meterai elektronik mempunyai faktor pengaman yang tersemat di dalamnya, yakni digital signature X.509 SHA 512. Tidak cuma itu, tiap e-Meterai pula mempunyai desain berbeda serta sebanyak 70% desain meterai dibuatkan barcode unik. Jadi, meminimalisir terbentuknya pemalsuan meterai yang dicoba oleh oknum tidak bertanggung jawab.

e-Meterai mempunyai fitur kemudahan sebab bisa dibaca memakai aplikasi, serta fitur validasi berbentuk pembuktian secara forensik oleh Perum Peruri buat melindungi meterai dari aksi pemalsuan.

2. Memudahkan Pembelian serta Pembubuhan Meterai

Pembelian e-Meterai ini bisa dilakukan secara online lewat laman e-Meterai.co.id. Perihal ini memudahkan masyarakat buat memperoleh meterai kapan saja serta di mana saja. Tidak cuma pembelian, pembubuhannya juga bisa langsung dilakukan pada dokumen elektronik. Tidak perlu mencetaknya, tidak perlu menempel, tidak butuh scan ulang. Proses jadi lebih instan, lebih-lebih dalam transaksi elektronik.

3. Kurangi Anggaran Pengiriman Surat serta Dokumen Resmi

Dalam bisnis, anggaran pengiriman surat serta dokumen resmi bisa menjadi besar, lebih-lebih bila bisnis tersebut kerap melaksanakan pengiriman ke bermacam daerah. Dengan memakai e- meterai, bisnis bisa kurangi pengeluaran pengiriman surat serta dokumen resmi sebab tidak butuh lagi membeli meterai fisik ataupun membayar bayaran ekstra buat meterai fisik.

4. Menaikkan Sumber Pendapatan Negara

Di sisi lain, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani mengatakan, pemakaian meterai elektronik bakal menaikkan sumber penghasilan negara.

Sistem pembelian serta pembayaran kewajiban pajak dokumen secara digital ini dirancang simpel semacam membayar pulsa.

5. Kurangi Resiko Kehilangan Meterai Fisik

Meterai fisik bisa hilang ataupun dicuri, serta bisnis wajib membeli meterai baru bila perihal ini terjadi. Dengan e-meterai, resiko kehilangan meterai fisik jadi menurun, serta bisnis tidak perlu lagi membeli meterai fisik baru bila meterai fisik lenyap ataupun dicuri.

6. Tingkatkan Efisiensi serta Produktivitas Bisnis

Dalam bisnis, waktu merupakan uang. Dengan memakai e-meterai, bisnis bisa mengirit waktu serta tingkatkan produktivitas sebab tidak butuh lagi menghabiskan waktu buat membeli meterai fisik, mengirim dokumen resmi ke kantor pos, ataupun mengantri buat membeli meterai fisik di kantor pos.

7. Ramah Lingkungan Sebab Tidak Membutuhkan Kertas serta Tinta

e-Meterai tidak membutuhkan kertas serta tinta buat dicetak serupa halnya meterai fisik. Perihal ini membuat e-meterai lebih ramah lingkungan sebab tidak membutuhkan bahan- bahan yang tidak ramah lingkungan dalam proses produksinya.

Selain itu kalian bisa membaca: “Cara Menggunakan Meterai Elektronik Rp10 Ribu” agar tahu bagai mana cara membeli dan juga menggunakannya.

Jadi setelah mengetahui keuntungan menggunakan e-meterai, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!