Bagikan:

 

JAKARTA – Pada era yang serba digital ini, konektivitas internet dituntut untuk bekerja secara cepat. Jika situs web atau suatu aplikasi tidak bisa diakses secara tiba-tiba, ada kemungkinan jaringan internet melambat. 

Untuk mengetahui apakah konektivitas internet mengalami masalah, Anda perlu menggunakan pengukur kecepatan internet. Mengutip dari Makeuseof, ada dua speed test atau pengukur kecepatan internet yang bisa digunakan secara gratis.

Speed test pertama adalah situs web dengan nama Ookla. Diluncurkan sejak tahun 2006, alat pengukur ini telah digunakan sebanyak lebih dari 50 miliar kali. Dengan lebih dari 16.000 server di seluruh dunia, Ookla memiliki 11 juta pengguna harian.

Untuk menggunakan Ookla, kunjungi situs web resminya dan klik tombol Go besar di tengah halaman. Setelah diklik, speed test akan mulai bekerja dengan mengukur ping atau latensi, kecepatan unduh, dan kecepatan unggah yang terperinci.

Ookla akan menawarkan log riwayat hasil tes yang membantu Anda dalam memantau kinerja dari koneksi internet. Selain diakses melalui situs web, Ookla bisa diunduh dalam bentuk aplikasi di Android, iOS, Windows, macOS, hingga Chrome.

Berikutnya, ada alat pengukur kecepatan internet Fast.com. Speed test ini hanya fokus pada kecepatan pengunduhan internet. Jika kecepatan untuk mengunduh sangat tinggi, kecepatan internet untuk streaming juga sangat tinggi atau cepat.

Fast.com terbebas dari berbagai macam iklan dan tes kecepatannya bekerja secara otomatis setelah situs web dibuka. Alat pengukur konektivitas ini bisa diakses melalui browser apa pun di perangkat seluler, laptop, hingga televisi pintar.

Meski halamannya hanya menampilkan kecepatan mengunduh secara default, Anda bisa melihat detail lainnya seperti latensi dan kecepatan unggah. Informasi ini akan terlihat setelah Anda mengeklik Tampilkan Informasi Lebih Lanjut.

Sama seperti Ookla, Fast.com bisa digunakan dalam bentuk aplikasi bernama FAST Speed Test. Aplikasi di bawah naungan platform Netflix ini bisa diunduh di App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android.