Internet Anda <i>Lemot?</i> Begini Cara Cek Kecepatan Koneksi Internet Mudah di Google
Cara mengecek kecepatan internet dari Google Homepage dalam 5 langkah sederhana (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kita sangat membutuhkan internet untuk hidup di era serba digital saat ini. Tapi, sering terjadi koneksi internet lemot. Hal tersebut bisa jadi hambatan untuk para penggunanya.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menguji kecepatan internet Anda, Beranda Google mungkin merupakan cara sederhana dan cepat untuk memeriksa kecepatan internet Anda.

Google bekerja sama dengan Lab Pengukuran (M-Lab) dalam membuat proses lima langkah untuk menguji kecepatan koneksi internet Anda.

"Untuk menyelesaikan pengujian, Anda akan ditautkan ke Lab Pengukuran (M-Lab), dan alamat IP Anda akan dibagikan dengan mereka dan diproses sesuai dengan kebijakan privasi mereka,” kata Google.

Adapun lima langkah untuk menguji kecepatan internet Anda dari beranda Google adalah:

Langkah 1: Buka browser internet apa pun di komputer, ponsel cerdas, atau tablet Anda dan ketik Google.com.

Langkah 2: Di bilah pencarian, ketik Jalankan Tes Kecepatan.

Langkah 3: Kotak dialog baru akan ditampilkan, dengan opsi 'Tes kecepatan internet'. "Periksa kecepatan Internet Anda dalam waktu kurang dari 30 detik". Sebuah pernyataan dari kotak dialog mengatakan, "Tes kecepatan biasanya mentransfer kurang dari 40 MB data, tetapi dapat mentransfer lebih banyak data pada koneksi cepat."

Langkah 4: Di jendela, klik opsi Jalankan Tes Kecepatan.

Langkah 5: Jendela baru akan terbuka, menampilkan semua informasi mengenai kecepatan internet Anda. Jika Anda ingin menguji kembali kecepatan internet Anda, klik opsi uji lagi.

Kecepatan Internet

Sementara itu, menurut penguji bila dikutip dari Gizbot, kecepatan broadband yang berbasis di AS, Ookla, dan kecepatan internet di India terus meningkat.

India juga melakukannya dengan baik dalam kecepatan internet broadband tetap, dengan kecepatan unduh rata-rata 58,17Mbps pada bulan Juni tahun lalu, naik dari 55,65Mbps pada bulan Mei.

Setelah penurunan kecil di bulan Mei, total kecepatan unduhan tetap untuk India di Indeks Global mencapai yang terbaik di bulan Juni, menurut laporan tersebut.