Tingkatkan Algoritma Rekomendasi, Facebook Akan Gunakan Mesin Berbasis AI dari Reels Instagram
Facebook ingin tingkatkan mesin rekomendasi (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Kepala Facebook Tom Alison mengatakan bahwa Meta sedang memperbaiki sistem rekomendasi di fitur Reel, Grup dan Feed Facebook. Perbaikan ini menyertakan Artificial Intelligence (AI).

Dikutip dari Engadget, Alison menjelaskan bahwa algoritma rekomendasi video di Facebook akan ditenagai AI. Meta pun berencana mengalihkan beberapa fitur ke mesin yang baru, seperti yang sudah dilakukan di Reels beberapa waktu lalu.

Perbaikan ini dilakukan setelah Meta menguji mesin rekomendasi baru berbasis AI di Reels Instagram. Selama masa pengujian, Meta menyadari bahwa jumlah penonton mampu meningkatkan secara signifikan sekitar 8 hingga 10 persen.

"Jadi, hal ini memberi tahu kami bahwa arsitektur model baru ini mempelajari data jauh lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya. Jadi, itu pertanda baik yang mengatakan, oke, kita berada di jalur yang benar," kata Alison di acara konferensi teknologi Morgan Stanley.

Facebook memang menggunakan mesin rekomendasi yang berbeda dengan mesin di Reels Instagram. Melihat kesuksesan platform tersebut selama beberapa waktu terakhir, Facebook berencana menggunakan mesin yang sama dengan Reels.

"Kami sedang mengerjakan sebuah proyek untuk memberdayakan seluruh ekosistem video kami dengan model tunggal ini, dan kemudian kami dapat menambahkan produk rekomendasi Feed kami untuk juga dilayani oleh model ini,” jelas Alison.

Pejabat Facebook itu yakin bahwa fitur pendukung video di platformnya bisa mendapatkan beberapa peningkatan, baik dari segi tampilan maupun personalisasinya. Maka dari itu, Meta perlu memastikan bahwa perubahan mesin ini berjalan dengan benar.

"Jika kami melakukan hal ini dengan benar, rekomendasi yang kami berikan tidak hanya akan menjadi lebih menarik dan relevan, namun menurut kami daya tanggap rekomendasi tersebut juga akan meningkat," tutur Alison.