SpaceX Akan Luncurkan Satelit Telkomsat Merah Putih 2
Peluncuran Satelit Merah Putih 2 (foto: X @SpaceX)

Bagikan:

JAKARTA – Telkomsat, penyedia layanan satelit asal Indonesia, akan meluncurkan satelit Merah Putih 2 pada Rabu, 21 Februari. Satelit ini akan diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Rencananya, Merah Putih 2 akan lepas landas dari Space Launch Complex 40 (SLC-40) di Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral pada pukul 03.11 WIB. Jika persiapan peluncuran tidak berjalan dengan lancar, satelit akan diluncurkan sehari setelahnya.

Hitung mundur peluncuran akan dilakukan 38 menit sebelum peluncuran. Setelah hitung mundur berakhir, Falcon 9 akan mengirim satelit Merah Putih 2 ke orbit geonsinkron. Sekitar dua menit setelah peluncuran, tahapan Falcon 9 akan terpisah.

Setelah tahap pertama dan tahap kedua berhasil dipisahkan, booster tahap pertama akan kembali Bumi dan mendarat di kapal drone Just Read the Instruction sekitar 8 menit setelah peluncuran. Kapal drone itu berada di Samudra Atlantik.

Tahap kedua Falcon 9 akan terus meluncur bersama satelit Merah Putih 2. Berdasarkan informasi yang dibagikan oleh Telkomsat, Merah Putih 2 akan menawarkan kapasitas yang besar ke seluruh Indonesia selama belasan tahun.

“Satelit Merah Putih 2 akan menyediakan kapasitas lebih dari 32 Gbps di seluruh Indonesia, satelit ini memiliki masa bakti hingga 16 tahun,” tulis Telkomsat melalui media sosial resminya pada Senin, 19 Februari lalu.

Sementara itu, satelit Merah Putih pertama diluncurkan pada tahun 2018 dan memakan biaya sebesar 166 juta dolar AS (Rp2,6 triliun). Sama seperti peluncuran kedua, anak perusahaan Telkom itu memilih SpaceX sebagai kontraktor peluncur.