Bagikan:

JAKARTA – NASA telah membuka proyek Simulasi Mars kedua pada Jumat, 16 Februari. Simulasi tersebut merupakan bagian dari misi Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA).

Melalui website khusus CHAPEA, proyek Simulasi Mars terbuka untuk siapa pun dengan beberapa batasan. Para pelamar harus warga negara AS atau penduduk permanen, fasih dalam berbahasa Inggris, dan berusia 30 hingga 55 tahun.

Pelamar setidaknya harus memiliki gelar master di bidang Sains, Teknologi, Teknik, dan Matemati (STEM), memiliki dua tahun pengalaman kerja profesional, dan pernah mengemudikan pesawat dengan waktu minimum seribu jam.

Pelamar tanpa gelar master masih bisa mengajukan diri selama memenuhi persyaratan lainnya. Seluruh data pelamar yang diterima oleh NASA akan diseleksi selama 12 hingga 14 bulan dan akan diumumkan pada tahun 2025.

CHAPEA merupakan misi yang dirancang untuk melihat kemampuan manusia selama tinggal di Mars. Selama 12 bulan, empat kru yang terpilih akan ditempatkan di Mars Dune Alpha, habitat seluas 1.700 kaki persegi di Johnson Space Center.

Selama berada di ruang simulasi, keempat kru diminta untuk memelihara habitat dan bercocok tanam. Mereka juga diminta untuk bekerja di atas kotak pasir seluas 1.200 kaki persegi untuk menyimulasikan perjalanan luar angkasa.

Misi CHAPEA kedua baru dibuka pada tahun 2025 karena misi CHAPEA pertama masih berjalan. Empat kru di misi tersebut harus menjalani misi selama 378 hari dan mereka baru menyelesaikan lebih dari separuh waktu penugasan.