Paket Standar 200GB Hilang dari Situs Web Google One
Tampilan Google One di Android (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Sebelum Google One mencapai 100 juta pelanggan, layanan penyimpanan cloud itu menawarkan paket 200GB. Namun, setelah paket AI Premium dirilis, paket 200GB itu menghilang.

Paket AI Premium baru diluncurkan pada Jumat, 9 Februari lalu. Sebelum paket tersebut diluncurkan, Google One hanya menawarkan empat paket biasa yang terdiri dari penyimpanan 100 GB, 200GB, 2TB, dan 2TB dengan Gemini Advanced.

Namun, berdasarkan temuan Google Watch Blog, paket 200GB itu tidak terlihat di akun yang belum berlangganan. Google One hanya menampilkan tiga paket di tampilan utama, yaitu 100GB, 2TB, dan 2TB dengan dukungan Gemini.

Tampilan paket 200GB, yang seharusnya berada di antara paket 100GB dan paket 2TB biasa, hanya menghilang dari Google One versi website. Di perangkat Android, Google One masih menampilkan paket Standar 200GB.

Meskipun paketnya hilang di situs web Google One, paket tersebut masih bisa dibeli. Namun, caranya jauh lebih rumit karena pelanggan harus membeli paket 100GB terlebih dahulu, lalu ubah paket keanggotaannya melalui Pengaturan.

Saat ingin mengubah paket 100GB, Google akan langsung merekomendasikan paket penyimpanan 200GB. Tidak diketahui mengapa Google menyembunyikan paket tersebut, tetapi sepertinya karena mereka ingin menonjolkan AI Premium.

Google pun telah mengatakan ke 9to5google bahwa mereka tidak akan menghapus paket Standar 200GB. Dengan demikian, paket Standar 200GB tidak dihapus, melainkan hanya disembunyikan oleh Google One.