Bagikan:

JAKARTA – Direktur Jenderal Institute of Space and Astronautical Science (ISAS), Kuninaka Hitoshi, terpilih sebagai Anggota Kehormatan American Institute of Aeronautics and Astronautics (AIAA).

Kabar ini disampaikan oleh Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA), lembaga yang menaungi ISAS, pada Jumat, 9 Februari 2024. JAXA mengatakan bahwa penghargaan yang diterima Kuninaka merupakan prestasi yang luar biasa.

Sementara itu, Kuninaka merasa terhormat dengan penghargaan tersebut. Soalnya, Anggota Kehormatan AIAA merupakan gelar tertinggi di organisasi tersebut. Kuninaka merupakan orang ke-239 yang menerima penghargaan tersebut.

"Saat saya melihat Daftar Penerima Kehormatan, ada banyak legenda mekanika fluida dan teknik dirgantara yang diberi nama berdasarkan pusat lapangan serta perusahaan dirgantara NASA. Mereka juga kita kenal dari buku teks," kata Kuninaka.

Sebelum Kuninaka menerima gelar Anggota Kehormatan, Itiro Tani merupakan satu-satunya orang Jepang yang mendapatkan penghargaan tersebut. Karena itu, Kuninaka merasa tersanjung atas kehormatan besar tersebut.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada banyak teman dan kolega atas dukungannya yang luar biasa. Saya akan terus mengabdikan diri untuk memajukan ilmu dirgantara dan luar angkasa agar saya dapat mengharumkan nama gelar ini," ujarnya.

AIAA merupakan organisasi kedirgantaraan terbesar di dunia. Orang-orang yang bergabung dalam organisasi atau perkumpulan tersebut merupakan perwakilan dari badan atau perusahaan kedirgantaraan dari berbagai negara di dunia.

Organisasi ini sudah berdiri selama puluhan tahun. Penghargaan pertama diberikan pada 1932 kepada Orville Wright. Selain Wright, beberapa orang ternama yang menerima gelar ini adalah Neil A. Armstrong (1971), John K. Northrop (1969), dan masih banyak lagi.