Bagikan:

JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat dan calon terdepan Partai Republik, Donald Trump, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan keras terkait kecerdasan buatan (AI). Ia bahkan menyebutnya sebagai "hal paling berbahaya di luar sana" dan memperingatkan bahwa "tidak ada solusi yang nyata", dalam sebuah wawancara dengan Maria Bartiromo dari Fox Business.

Komentar Trump terungkap dalam cuplikan untuk segmen mendatang di acara Sunday Morning Futures Bartiromo di Fox Business. Wawancara tersebut dijadwalkan tayang pada 4 Februari. Menurut cuplikan tersebut, mantan presiden menganggap AI sebagai salah satu bahaya terbesar yang dihadapi oleh Amerika:

"Dan hal lain yang menurut saya mungkin menjadi hal paling berbahaya di luar sana dari segala hal, karena tidak ada solusi nyata - AI, seperti yang mereka sebut. Itu sangat menakutkan," kata Trump.

Trump memperingatkan bahwa AI bisa digunakan untuk melakukan perang, menambahkan bahwa "Anda bisa menggunakan itu untuk hal-hal lain" sebelum menyesalkan bahwa "sesuatu harus dilakukan tentang ini, dan itu harus dilakukan dengan cepat."

Presiden yang sebelumnya juga membahas deepfake - teknologi AI yang meniru atau meniru manusia - menyebutnya sebagai "masalah besar" yang bahkan para ahli tidak memiliki solusinya.

"Saya melihat seseorang meniru saya yang membuat pidato tentang produk mereka. Saya berkata, 'Saya tidak akan pernah mendukung produk itu.' Anda bahkan tidak bisa membedakan. Seperti saya benar-benar mendukungnya," ucap Trump.

Komentar ini muncul setelah insiden di mana Trump tampak memiliki bercak merah di tangannya selama penampilan yang terekam kamera. Meskipun Tampaknya bercak itu darah - dilaporkan dari sebuah luka sayatan kertas - mantan presiden mengatakan kepada Mark Meredith dari Fox News pada 31 Januari bahwa bercak itu mungkin disebabkan oleh AI.