DZ Bank Siap Uji Coba Perdagangan Kripto untuk Pelanggan Ritel
DZ Bank akan luncurkan layanan kripto untuk pelanggan. (Foto; Dok. DZ Bank)

Bagikan:

JAKARTA - DZ Bank, bank terbesar kedua di Jerman, berencana menguji coba layanan perdagangan kripto untuk pelanggan ritel pada tahun ini. Bank ini ingin memanfaatkan potensi pasar kripto yang terus berkembang dan memberikan opsi investasi baru bagi nasabahnya.

Menurut laporan Bloomberg, DZ Bank yang berbasis di Frankfurt akan menawarkan layanan perdagangan kripto kepada lebih dari 700 bank komunitas yang tergabung dalam jaringannya. Layanan ini ditujukan untuk pelanggan pribadi yang ingin berinvestasi di kripto secara mandiri tanpa perlu saran keuangan.

Souad Benkredda, anggota dewan DZ Bank yang bertanggung jawab atas operasi pasar modal, mengatakan bahwa bank ini akan memulai fase uji coba dengan bank koperasi pertama pada tahun ini. "Kami tidak hanya ingin menawarkan perdagangan satu kripto, tetapi berbagai kripto. Ini penting bagi kami," katanya.

Benkredda juga mengutip studi dari Genoverband, sebuah asosiasi audit dan konsultan untuk lebih dari 2.500 organisasi koperasi, yang menunjukkan bahwa setengah dari bank anggotanya ingin menawarkan solusi kripto untuk pelanggan mereka. Namun, ia menambahkan bahwa setiap lembaga akan membuat keputusan secara independen.

DZ Bank bukanlah satu-satunya bank di Jerman yang tertarik dengan kripto. Beberapa bank lokal, seperti Volksbank Raiffeisenbank Bayern Mitte eG, telah memperluas opsi kripto sebagai bagian dari strategi Bitcoin mereka. Pada hari Rabu, bank ini mengumumkan kemitraan jangka panjang dengan Terahash, sebuah perusahaan konsultan energi Bitcoin, untuk mengembangkan penawaran baru.

Dilansir Cryptonews, DZ Bank sendiri telah meluncurkan platform penitipan digital berbasis blockchain pada November lalu. Platform ini dirancang untuk melayani klien institusional, seperti perusahaan, dana, dan bank lain, yang ingin terlibat dalam investasi kripto. Platform ini juga memungkinkan klien untuk mengakses sekuritas kripto, seperti obligasi kripto dari Siemens, yang telah disubskripsi oleh DZ Bank enam bulan lalu.

Pada bulan yang sama, DZ Bank juga memberi sinyal bahwa mereka berencana untuk menyediakan opsi pembelian kripto untuk investor institusional dan pelanggan perorangan. Langkah ini datang setelah bank ini mengajukan permohonan lisensi penitipan kripto dari regulator keuangan Jerman, BaFin, pada Juni 2023.

Holger Meffert, kepala penitipan digital di DZ Bank, menyampaikan optimisme terhadap perkembangan infrastruktur berbasis blockchain di masa depan. "Kami berasumsi bahwa dalam sepuluh tahun mendatang, sebagian besar bisnis pasar modal akan diproses melalui infrastruktur berbasis teknologi buku besar terdistribusi (DLT)," ujarnya. "Dalam jangka menengah, kami melihat DLT sebagai teknologi pelengkap untuk infrastruktur yang sudah ada dalam proses pasar modal yang ada."

Dengan rencana uji coba perdagangan kripto ini, DZ Bank menunjukkan komitmennya untuk berinovasi dan memenuhi permintaan pelanggan yang terus berkembang. Bank ini juga mengikuti tren global dari lembaga keuangan yang mulai menerima dan menawarkan aset digital, seperti BlackRock dan Fidelity yang telah mendapatkan persetujuan untuk ETF Bitcoin di AS bulan lalu.