Bagikan:

JAKARTA - Bank federal Jerman, Landesbank Baden-Württemberg, resmi menjalin kemitraan dengan platform investasi kripto terkemuka di Eropa yaitu Bitpanda. Kemitraan ini ditujukan untuk menawarkan layanan kustodi aset kripto bank federal kepada klien korporat.

Kemitraan ini menandakan langkah penting dalam adopsi aset kripto oleh lembaga keuangan tradisional di Jerman. Landesbank Baden-Württemberg, dengan aset mencapai 333 miliar euro (Rp5.208 triliun), akan memanfaatkan infrastruktur "investing-as-a-service" Bitpanda untuk menyediakan platform kustodi aset kripto yang aman dan terjamin bagi para kliennya.

Bagi Bitpanda, kemitraan ini merupakan pencapaian penting. Didirikan pada tahun 2014, Bitpanda telah berkembang pesat menjadi unicorn dengan lisensi Markets in Financial Instruments Directive II (MiFID II) dan berbagai lisensi kripto di Eropa.

BACA JUGA:


Sebelumnya, Bitpanda telah bekerja sama dengan Raiffeisenlandesbank Niederösterreich-Wien (RLB NÖ-Wien), memungkinkan klien bank untuk berdagang aset digital melalui aplikasi perbankan mereka.

Bank di Jerman Tawarkan Kripto

Kemitraan Landesbank Baden-Württemberg dengan Bitpanda merupakan salah satu dari banyak contoh bank tradisional yang mulai merangkul aset kripto.

Pada awal tahun 2024, DZ Bank, bank terbesar kedua di Jerman, mengumumkan rencana untuk memulai uji coba perdagangan kripto ritel, dan Deutsche Börse meluncurkan platform spot baru untuk aset kripto yang menargetkan klien institusional.