Bagikan:

JAKARTA – Google mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan MusicFX dan TextFX di Search Labs, program eksperimental Google. Perusahaan itu juga meluncurkan alat baru di Labs.

Alat yang Google perkenalkan adalah ImageFX, pembuat gambar dengan teknologi text-to-image Imagen 2 buatan DeepMind. ImageFX bisa membuat gambar dari perintah teks yang sederhana untuk meningkatkan kreativitas penggunanya.

Meski ImageFX sudah dirilis, situs web dengan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) ini hanya bisa diakses oleh sejumlah negara yang mendukung AI Test Kitchen. Sayangnya, Indonesia belum bisa menggunakan alat tersebut.

Selain ImageFX, Google juga mengembangkan MusicFX dan TextFX yang sudah diluncurkan sejak tahun lalu. Sama seperti ImageFX, MusicFX masih belum bisa diakses di Indonesia, tetapi Google telah meningkatkan fitur di situs webnya.

Alat text-to-music dengan dukungan AI generatif ini mengalami peningkatan dari segi durasi. Kini, pengguna bisa membuat lagu berdurasi 70 detik, membuat loop musik, menggunakan chip eskpresif, dan audio yang lebih berkualitas.

Sementara itu, TextFX mengalami peningkatan di user experience dan sistem navigasi. Google tidak menjelaskan lebih detail terkait perubahan yang mereka lakukan di TextFX, tetapi alat ini sangat berguna bagi penulis cerita dan penulis lirik lagu.

TextFX bisa memberikan inspirasi hanya dengan satu kata. Setiap kali para penulis kehabisan ide, eksperimen AI generatif ini bisa dijadikan solusi. Beruntungnya, TextFX bisa diakses di Indonesia. Pengguna hanya perlu mencari website resminya di mesin pencari Google.