PaperPreneurs dari Paper.id Ungkap Bagaimana AI Bisa Memengaruhi Tren Marketing 2024
Ilustrasi kecerdasan buatan (foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Paper.id sebagai platform penagihan & pembayaran bisnis, yang juga dikenal sebagai Business Payment Solution Provider (BPSP), menggelar PaperPreneurs sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam memfasilitasi digitalisasi UMKM.

Bertajuk "New Year, New Chapter: Marketing Trends to Look Out for in 2024", Paper.id melihat bagaimana pelaku usaha bisa memanfaatkan tren terbaru yang bervariatif serta membangun konektivitas ke konsumen mereka.

Pertama, acara ini membahas bagaimana para pelaku bisnis sekarang banyak memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI), untuk meningkatkan pengalaman konsumen mereka.

Devie Diana, Head of Marketing Whitelab mengungkapkan bahwa pelaku usaha sekarang bisa memanfaatkan ChatGPT untuk kebutuhan bisnisnya, salah satunya untuk tim Customer Service (SC).

"Pemanfaatannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, contoh ChatGPT bisa menyediakan template jawaban bagi tim customer service” kata Devie dalam pernyataan yang diterima pada Selasa, 30 Januari.

Selain itu, AI juga telah diterapkan di berbagai industri, salah satunya industri kecantikan yang menerapkan AI untuk mengenali karakter wajah, dengan hanya melakukan selfie. 

Dari sana, secara otomatis AI akan langsung menilai kondisi dan masalah kulit Anda, serta merekomendasikan produk apa saja yang mungkin cocok untuk wajah pengguna. Fitur ini bahkan sudah ada di beberapa e-commerce.

Namun, perlu dicatat bahwa semua teknologi tersebut perlu diselaraskan dengan karakteristik dari konsumen, ini dibahas lewat tren hyper personalization. Singkatnya, tren ini membuat pelaku usaha perlu memberikan rasa excitement kepada konsumen mereka.

"Zaman sekarang, marketing is all about excitement, tidak lagi soal produk, tapi bagaimana konsumen bisa merasakan “suasana” yang hadir dalam produk itu” pungkas Marselus Albert Chandra, Brand Development Dept Head Taro Net.