Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan infrastruktur Ethereum, Nethermind, telah memperbaiki sebuah bug "kritis" dalam beberapa versi klien eksekusinya yang dilaporkan menyebabkan pengguna gagal memproses blok-blok pada jaringan Ethereum.

Meskipun situasi ini memengaruhi pengguna Nethermind, klien minoritas, insiden ini telah mendorong beberapa anggota komunitas Ethereum untuk menegaskan pentingnya diversifikasi dari klien mayoritas, Geth.

Hotfix terbaru menangani masalah konsensus di Nethermind yang telah diperkenalkan dalam versi 1.23.0, menurut postingan pada 21 Januari di akun GitHub Nethermind.

Daniel Cadela, co-chief technology officer Nethermind, mengkonfirmasi bahwa versi 1.23-1.25 terdampak dan meminta node validator untuk memperbarui ke versi 1.25.2. Cadela menggambarkan bug tersebut sebagai "kritis" dalam postingannya selanjutnya.

Masalah ini pertama kali diungkapkan oleh pengguna GitHub bernama "wga22" yang melaporkan bahwa klien eksekusi Nethermind mereka tidak lagi memproses blok.

Versi baru 1.25.2 dirilis sekitar 2,5 jam setelah technical lead Nethermind, Lukasz Rozmej, mengatakan bahwa perusahaan sedang menyelidiki masalah tersebut.

Meskipun demikian, pendukung Ethereum, Superphiz, menganggap dilema ini sebagai "tidak masalah besar" selama masalah konsensus hanya memengaruhi klien minoritas.

 

"Sebenarnya, ini adalah keputusan desain yang sangat sengaja untuk tidak bergantung pada titik kegagalan tunggal," tambah Superphiz.

Namun, beberapa anggota komunitas Ethereum berpendapat bahwa situasi tersebut bisa jauh lebih merugikan jika masalah tersebut terjadi pada Geth - yang saat ini menyumbang 84% dari klien eksekusi di Ethereum.

"Hickup di beacon chain hari ini sekali lagi menyoroti pentingnya keragaman klien EL," jelaskan pendukung Ethereum "daddysether" dalam postingannya pada 21 Januari.

"Beralihlah ke klien minoritas, dan bantu menjaga keamanan Ethereum!" tambahnya.

Nethermind saat ini hanya menyumbang 8,2% dari klien eksekusi di Ethereum, menurut data.

Namun, pada bulan Agustus, pendukung Ethereum Anthony Sassano berbagi tangkapan layar yang menunjukkan keragaman klien eksekusi yang lebih sehat, dengan Geth dan Nethermind masing-masing menyumbang 48% dan 26% dari klien eksekusi.

"Keragaman klien adalah salah satu pencapaian terbesar ekosistem Ethereum," kata Sassano waktu itu.

Ketergantungan yang semakin besar pada Geth kini membuat beberapa anggota komunitas Ethereum khawatir.

"Tidak ada yang melawan Geth (mereka hebat), tetapi Anda mengambil risiko yang tidak proporsional dengan menjalankannya," kata pendukung Ethereum "marceaueth" pada 21 Januari.