Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mendorong perempuan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital, demi meningkatkan potensi ekonomi. 

Karena menurut Budi, platform digital seperti media sosial, platform e-commerce, dan teknologi analisis data pelanggan ini dapat dioptimalkan untuk meningkatkan daya saing dalam kegiatan komersil.  

Budi menyebutkan juga bahwa perempuan memegang peranan penting dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Dari sekitar 65 juta pelaku UMKM di Indonesia, 64 persen diantaranya adalah perempuan.

Meskipun masih banyak tantangan yang perlu dihadapi, namun dengan digitalisasi ekonomi, Menkominfo berharap perempuan-perempuan di luar sana memiliki berbagai peluang pengembangan diri, seperti menjadi inovator, edukator, influencer, entrepreneur bahkan pemimpin digital.  

“Kemudahan akses informasi yang diberikan internet sudah selayaknya menjadi modal bagi perempuan untuk terus tumbuh, dan saling memberdayakan,” ujar Budi dalam rilisnya yang dikutip Rabu, 17 Januari. 

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo menjalankan program pengembangan ekonomi digital seperti, UMKM Level Up, Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), serta Digital Entrepreneurship Academy (DEA).

"Kami juga secara aktif mendukung penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sebagai program afirmatif pemerintah dalam mendorong kecintaan pada produk dalam negeri," pungkasnya.