Bagikan:

 

JAKARTA – Ada kalanya pengguna Instagram ingin membaca pesan di Direct Message (DM) tanpa sepengetahuan pengirimnya. Biasanya, mereka hanya penasaran dengan isi pesan yang dikirim.

Ketika pengguna sedang malas berkomunikasi, mereka pasti ingin mematikan fitur tanda pesan telah dibaca. Sayangnya, Instagram belum memiliki fitur tersebut sehingga pengirim pesan akan selalu tahu jika pesan mereka sudah dibaca.

Meski fitur ini masih dikembangkan oleh Instagram, masih ada cara untuk menghilangkan tanda tersebut. Mengutip dari Makeuseof, berikut ini merupakan tiga cara agar pengirim pesan tidak tahu bahwa pesan mereka telah dibaca.

Menggunakan Metode Pembatasan Pesan

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh pengguna Instagram adalah dengan mengaktikan mode pembatasan pesan. Saat fitur ini diaktifkan, Anda bisa membaca pesan tanpa takut ketahuan oleh pihak pengirim dan mematikan fiturnya setelah membaca pesan.

Untuk membatasi akun, Anda perlu membuka bagian profil Instagram, kemudian ketuk titik tiga horizontal di pojok kanan atas layar. Setelah klik menu Batasi di bagian paling atas, Anda sudah bisa membaca pesan yang Anda inginkan.

Mematikan Jaringan Internet Saat Membaca Pesan

Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah mematikam data seluler atau Wi-Fi di perangkat Anda. Pastikan bahwa pesan dari pengirim telah masuk semuanya sebelum Anda memutuskan untuk mematikan jaringan internet.

Setelah koneksi dimatikan, buka kembali aplikasi Instagram dan baca pesannya. Jika sudah selesai membaca, jangan langsung menyalakan jaringan internet. Logout dari akun terlebih dahulu, lalu login kembali setelah jaringan data seluler atau Wi-Fi dinyalakan.

Membaca Pesan dari Pratinjau Tanpa Membuka Pesan

Terakhir, Anda bisa membaca pesan secara langsung dari pratinjau notifikasi. Agar pratinjau bisa muncul, Anda perlu mengaktifkan fitur notifikasi melalui Pengaturan dan Privasi pesan terlebih dahulu.

Untuk perangkat Android, buka menu Notifikasi dan pilih Pesan, kemudian aktifkan Pesan dari Obrolan Individu dan Grup. Setelah notifikasi telah aktif, buka Pengaturan perangkat dan pergi ke bagian Aplikasi untuk mencari Instagram

Setelah Anda menemukan aplikasi Instagram, ketuk aplikasinya dan pilih bagian Notifikasi. Jika sudah, aktifkan tombol Izinkan Notifikasi dan atur tampilan pratinjau sesuai preferensi yang Anda sukai.

Sementara itu, pengguna iOS bisa memunculkan pratinjau melalui Pengaturan, kemudian buka Notifikasi dan pilih opsi Selalu atau Saat Tidak Terkunci pada Tampilan Pratinjau. Jika sudah, gulir layar hingga menemukan Instagram dan aktifkan menu Izinkan Pemberitahuan.