Bagikan:

YOGYAKARTA - Google selalu merilis laporan daftar kata kunci (keyword) yang paling banyak dicari di mesin pencariannya (search engine) setiap menjelang akhir tahun. Pada laporan untuk periode 2023, ada beberapa kategori pencarian yang dirangkum mulai dari pencarian 'apa', 'siapa', 'mengapa'. Lantas apa kata paling banyak dicari di Google sepanjang 2023 oleh user Indonesia?

Laporan daftar kata kunci di laman pencarian Google ini menarik untuk disimak sebagai kilas balik tren dan fenomena penting yang terjadi selama rentang satu tahun ini. Apa saja yang membuat user Indonesia penasaran atau ingin mencari tahu pun bisa diketahui. 

Pada kategori pencarian 'Apa' misalnya, netizen Indonesia ternyata sering mencari kata kunci 'Apa arti pick me'. Sementara pada kategori 'Siapa', user banyak mencari kata kunci 'Nadia omara siapa'. Selain dua keyword tersebut, masih ada kata lainnya yang paling banyak dicari di Google sepanjang 2023 oleh orang Indonesia. 

Kata Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2023

Berikut ini beberapa kata kunci paling banyak dicari oleh user Indonesia melalui laman pencarian Google:

Apa 

1. Apa arti pick me

Ada dua istilah pick me yang cukup populer selama 2023, yaitu pick me boy dan pick me girl. Pick me boy diartikan sebagai laki-laki yang ingin terlihat lebih menonjol dan menjadi pilihan para perempuan. Sementara pick me girl merupakan istilah untuk perempuan yang ingin terlihat berbeda atau menonjol untuk menarik perhatian dan dipilih oleh para pria.

2. Apa itu skena

Istilah skena merupakan singkatan dari tiga kata yakni Sua, cengKerama, dan kelaNa. Dalam bahasa gaul, kata skena digunakan untuk menyebutkan sekelompok anak muda yang suka nongkrong, bercengkerama, dan jalan-jalan.

3. Catcalling itu apa

Catcalling merupakan istilah yang kerap dikaitkan dengan para perempuan sebagai pihak yang menjadi korban atau mengalaminya. Catcalling adalah perilaku pelecehan seksual secara verbal yang biasanya dilakukan pelaku dengan berbagai tindakan, seperti bersiulan, menggoda, dan lainnya. 

4. Apa itu ai

Artificial intelligence (AI) adalah teknologi atau program kecerdasan buatan. AI merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu menjawab atau mengikuti perintah secara cerdas meniru kemampuan intelektual manusia.

5. Apa itu cuaks

Kata cuaks pertama kali dipopulerkan oleh komika Coki Pardede dan Tretan Muslim. Kata cuaks kemudian populer dan banyak digunakan oleh para content creator maupun pengguna sosmed. Cuaks sebenarnya tidak memiliki makna khusus, namun sering dipakai sebagai akhiran kalimat sindiran.

6. Apa itu rumbling

Kata rumbling mulai populer di kalangan orang-orang yang menonton serial anime Attack on Titan. Berdasarkan terjemahan, rumbling memiliki arti gemuruh. Ada juga pengertian lain yang menyebut bahwa Rumbling adalah keroncongan. Sementara jika merujuk dari anime tersebut, rumbling yang populer di media sosial merupakan gemuruh sesuai dengan kisah penyerangan Wall Titan ke seluruh dunia.

7. Inner child itu apa

Inner Child merupakan kata yang populer digunakan oleh netizen untuk mengekspresikan dirinya dalam melakukan aktivitas layaknya anak-anak. Inner Child adalah sifat kekanak-kanakan yang dimiliki pada diri seseorang yang sudah dewasa.

8. Apa itu ispa

Kata ISPA ramai digunakan di media sosial ketika kualitas udara di sebagian wilayah Indonesia menurun. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan, terutama bagian atas meliputi hidung, sinus, faring, dan laring.

9. Apa itu hamas

Kata Hamas ramai menjadi perbincangan dan menarik perhatian pengguna media sosial ketika meletus konflik antara Israel dan Palestina. Hamas adalah organisasi politik dan militer berideologi nasionalis yang memperjuangkan kemerdekaan Palestina dan mendirikan negara Islam di wilayah tersebut.

10. Apa itu ikn

Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi kata kunci yang populer dicari sejak Presiden Joko Widodo mensosialisasikan pembentukan Ibukota Baru di Kalimantan. IKN merupakan proyek monumental yang direncanakan menjadi pusat administrasi dan pemerintahan Indonesia.

Mengapa

  1. Mengapa kita harus menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Mengapa ada bayangan
  3. Mengapa kita harus saling menghargai perbedaan pendapat
  4. Mengapa kaki angsa dilapisi oleh selaput
  5. Mengapa teknologi harus digunakan dengan bijaksana
  6. Mengapa palestina dan israel berperang
  7. Mengapa malam 1 suro tidak boleh keluar rumah
  8. Mengapa dunia berputar
  9. Mengapa rohingya mengungsi
  10. Mengapa rabies takut air

Siapa

  1. Nadia omara siapa
  2. Siapa willie salim
  3. Molen kasetra siapa
  4. Siapa putri ariani
  5. Tessa mariska itu siapa
  6. Siapa karni ilyas
  7. Pak muh siapa
  8. Siapa rocky gerung
  9. Siapa otto hasibuan
  10. Aaliyah massaid anak siapa

Demikianlah daftar kata paling dicari di Google sepanjang 2023 oleh user Indonesia. Rangkuman kata kunci tersebut bisa menjadi catatan kilas balik tren atau fenomena yang menarik perhatian selama satu tahun ini. Baca juga tren pencarian Google sepanjang 2023 di seluruh dunia, mulai dari berita populer, tokoh, hingga musik.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.