Siap-Siap! Ponsel dengan Kamera Depan 100 MP Akan Muncul
Ilustrasi kamera depan 100 MP (DXOmark)

Bagikan:

JAKARTA - Biasanya, kamera depan ponsel memiliki resolusi lebih kecil dari kamera utama. Bahkan belum ada pabrikan ponsel yang membekali kamera selfie dengan resolusi tinggi, apalagi berukuran 100 MP.

Kabar terbaru, sebuah ponsel yang dibekali dengan kamera depan sebesar 100 MP tidak lama lagi akan segera muncul. Pembocor informasi terkenal dengan nama akun Digital Chat Station di platform Weibo mengungkapkan kabar tersebut.

Sayangnya, Digital Chat Station tidak memberikan informasi yang lebih detail terkait pabrikan ponsel tersebut. Dia hanya membeberkan bahwa ponsel tersebut akan hadir dengan kamera selfie berukuran 100 MP. Kemungkinan ponsel tersebut bakal dibuat oleh perusahaan ponsel asal China.

Digital Chat Station (Gizmochina)

Apabila informasi itu benar, maka akan timbul sejumlah pertanyaan lain terkait cara kamera 100 MP itu disematkan dalam gawai. Pasalnya, kamera dengan resolusi tinggi mempengaruhi ukuran bodi smartphone.  

Melansir Gizmochina, kamera selfie itu kemungkinan tidak akan diletakkan di balik notch atau punch hole. Vendor ponsel pun menggunakan dua cara untuk membenamkan kamera depan yang memiliki resolusi tinggi.

Cara pertama memanfaatkan mekanisme pop-up. Mekanisme ini diklaim bisa menampung besaran kamera depan ponsel. Cara kedua adalah dengan mamnfaatkan mekanisme flip sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Asus dalam ponsel Zenfone 6 dan 7 besutannya.

Dengan cara-cara tersebut, layar depan bisa dimanfaatkan secara utuh tanpa harus didesain dengan punch-hole atau notch. Walaupun demikian, kabar kemunculan ponsel dengan kamera 100 MP ini masih berupa bocoran informasi. Namun, kehadiran ponsel dengan kamera babon tersebut patut dinantikan.

Sampai saat ini juga belum ada informasi terkait pabrikan ponsel yang mengabarkan rumor itu. Sebelumnya, sudah pernah beredar rumor terkait kemunculan ponsel yang memiliki ukuran kamera tinggi. ZTE dikabarkan menjadi pabrikan yang akan memproduksi smartphone dengan resolusi tinggi sebesar 200 MP dengan nama ponsel Axon 30 Pro.