Bagikan:

JAKARTA - 1datapipe, pemimpin global dalam bidang AI Customer Analytics yang berbasis di Amerika Serikat, resmi mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia pada Senin, 4 Desember.

Sejalan dengan komitmen Indonesia untuk mencapai inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024, peluncuran 1datapipe merupakan langkah signifikan menuju lanskap keuangan yang lebih berteknologi dan inklusif di Indonesia.

Unggul dalam bidang inovasi keuangan, 1datapipe memperkenalkan rangkaian solusi AI Customer Analytics 360 derajat, yakni mencakup Identity Verification, Fraud Mitigation, Income Stability, Credit Risk Assessments, Payment Behavior, Tren Gaya Hidup, dan Inklusi Keuangan.

"Kami sangat senang dapat beroperasi dan berkontribusi untuk memajukan inklusi keuangan di Indonesia. Melalui kekuatan AI dan pemodelan sains data yang canggih, solusi analitik kami melampaui penilaian risiko konvensional,” kata CEO 1datapipe Carey Anderson dalam pernyataannya.

Menurut Anderson, solusi ini layaknya sebuah jembatan yang memberikan customer insights mendalam yang dapat membantu bisnis untuk memperluas layanan keuangan ke basis nasabah yang lebih luas.

“Dengan menawarkan customer insights yang penting bagi bisnis, solusi-solusi ini menjadi pendorong inklusi keuangan, membuka akses ke pasar-pasar yang belum tergarap dan menghubungkan populasi yang kurang terlayani dengan produk dan layanan keuangan yang mereka butuhkan untuk berkembang,” tegasnya.

Dengan cakupan profil lebih dari 98 persen dari populasi orang dewasa di Indonesia, lapisan progresif dari solusi ini meliputi:

Mengamankan ID & Fraud Risk Score: Memperkuat pertahanan terhadap penipuan dengan algoritme mutakhir, melindungi aset dan reputasi dari berbagai aktivitas penipuan.

Income Stability Score: Memanfaatkan metrik stabilitas dengan wawasan terobosan dan estimasi akurat dari setiap sinyal keuangan nasabah, sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan pemberian pinjaman.

Credit Trust Score: Mengungkap risiko yang tersembunyi, mentransformasi penilaian risiko kredit dengan mengintegrasikan berbagai sumber data, memperluas akses kredit di seluruh spektrum pelanggan.

Financial Inclusion Score: Menjembatani kesenjangan bagi mereka yang tidak terjangkau layanan perbankan, memberikan wawasan tentang potensi yang belum dimanfaatkan dan kelayakan kredit, mempromosikan inklusi keuangan sekaligus memitigasi risiko penipuan.