Google Tunda Peluncuran Gemini Hingga Januari 2024
Google tunda peluncuran Gemini (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Pada pertengahan tahun ini, Google mengumumkan bahwa mereka sedang membuat Gemini, model dasar Kecerdasan Buatan (AI) berikutnya. Saat itu, Gemini masih dalam tahap pelatihan.

Dalam laporan The Information terbaru, Google seharusnya meluncurkan model dasar ini minggu depan di California, New York, dan Washington. Namun, Google membatalkan acara peluncuran tersebut dan menundanya hingga Januari.

CEO Google Sundar Pichai menunda peluncuran Gemini karena AI mereka belum bisa digunakan secara maksimal untuk menjawab pertanyaan non-Inggris. Mengingat mereka ingin menyamai atau menyaingi  ChatGPT-4, mereka harus melatih Gemini kembali.

Peluncuran Gemini mungkin tidak akan ditunda lagi karena Google memang ingin meluncurkan dengan segera. Dari laporan 9to5google, Pichai pernah mengatakan bahwa, “(Kami) berfokus untuk meluncurkan Gemini 1.0 sesegera mungkin, memastikannya kompetitif, canggih, dan kami akan membangunnya mulai dari sana.”

Gemini diciptakan untuk menjadi multimodal agar efisien dalam mengintegrasi alat dan API. Gemini juga dibuat sebagai inovasi untuk masa depan dari segi memori dan perencanaan.

Setelah diluncurkan, Gemini akan hadir dalam berbagai ukuran dan kemampuan. Google mengatakan bahwa model dasar ini akan memiliki ukuran yang sama dengan PaLM 2, model bahasa baru yang memiliki empat ukuran.

Google berharap Gemini bisa membawa peningkatan pada produk AI untuk partner atau untuk perusahaan mereka sendiri. Kemungkinan besar, Google akan menambahkan Gemini ke Google Bard, Google Assistant, dan Google Search.