Bagikan:

YOGYAKARTA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah meresmikan 21 unit Green Hydrogen Plant (GHP) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Pengembangan pabrik hidrogen hijau ini menjadi prestasi luar biasa bagi bagi BUMN tersebut. Lantas apa itu hidrogen hijau dan kelebihannya sebagai sumber energi bersih?

Green Hydrogen Plant digadang-gadang bakal membawa Indonesia menjadi top 100 negara produsen hidrogen hijau terbesar di dunia. GHP dinilai akan memberikan keuntungan besar bagi tanah air karena sukses menghasilkan 199 ton hidrogen hijau per tahun. Peresmian 21 unit Pembangkit Hidrogen Hijau sendiri sudah dilakukan secara simbolik pada 20 November 2023. 

Inisiasi pengembangan GHP tidak hanya menjadi pencapaian gelimang PLN, namun juga sejalan dengan visi pemerintah untuk mencapai Indonesia bebas karbon (net zero emission) pada tahun 2060. Apa itu hidrogen hijau dan proses pembentukannya perlu dipahami oleh masyarakat. 

Apa Itu Hidrogen Hijau?

Hidrogen hijau merupakan sumber energi bersih karena hanya mengeluarkan uap air dan tidak meninggalkan residu di udara atau emisi karbon gas rumah kaca. Energi hidrogen hijau memiliki peran baik dalam masa transisi energi yang membutuhkan jembatan mencapai konklusi energi bersih. 

Hidrogen hijau berbeda dengan bahan bakar fosil karena energi ini hanya menghasilkan air, listrik, dan panas jika dikonversikan ke listrik dan panas. Energi hidrogen hijau tidak hanya berfungsi sebagai bahan bakar kendaraan, namun juga bisa dimanfaatkan untuk sektor industri seperti produksi beton, pembuatan baja, serta pembuatan bahan kimia dan pupuk. 

Proses Pembentukan Hidrogen Hijau

Pembentukan energi hijau menggunakan teknologi yang melibatkan pemisahan hidrogen dari oksigen dan air. Proses pembentukannya dimulai dengan elektrolisis air (H2O) yang dipecah menjadi hidrogen (H2) dan oksigen (O2) menggunakan listrik. 

Hidrogen hijau berbeda dengan jenis hidrogen lainnya yang terbuat dari batu bara dan gas alam konvensional. Listrik yang yang dipakai dalam proses pembentukan hidrogen hijau berasal dari sumber energi yang telah diperbaharui. Dengan demikian hidrogen yang dihasilkan merupakan sumber energi bersih dan bersifat ramah lingkungan. 

Hidrogen hijau juga berperan bisa berperan dalam menyimpan energi. Dengan menggunakan listrik berlebih dari tenaga angin maupun surya untuk menghasilkan hidrogen, energi tersebut bisa disimpan dan dipakai ketika dibutuhkan. Jadi energi ini dapat membantu mengatasi tantangan penyimpanan energi dari sumber terbarukan. 

Kelebihan Hidrogen Hijau

Berdasarkan data dari International Energy Agency (IEA), hidrogen hijau mampu menghemat hingga 830 juta ton CO2 yang biasanya dikeluarkan setiap tahunnya. Hidrogen hijau menjadi sumber energi yang dilirik karena memiliki keunggulan tidak menghasilkan emisi karbon dioksida (CO2). 

IEA juga menyoroti kelebihan dari hidrogen hijau untuk kehidupan masyarakat dan lingkungan. Kelebihan dari energi bersih ini yakni pada keberlanjutan (tidak mengeluarkan polusi selama proses produksi dan pembakaran), kemampuan penyimpanan yang baik, dan fleksibilitas penggunaan pada berbagai tujuan. 

Hidrogen hijau dinilai memainkan peran penting dalam masa depan energi bersih. Energi ini dapat digunakan dalam sektor generator listrik dan air minum, penyimpanan energi, serta transportasi dan mobilitas. Misalnya produksi hidrogen hijau dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pesawat luar angkasa, dengan tangki hidrogen terkompresi sanggup menampung energi dalam jangka waktu lama. 

Selain potensi besar yang dapat dihasilkan dari hidrogen hijau, terdapat kekurangan dari produksi energi ini. Tantangan utama dari hidrogen hijau adalah biaya produksinya yang tinggi, konsumsi energi yang tinggi, dan masalah keselamatan dalam hal mudah terbakar dan menguap. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu hidrogen hijau sebagai sumber energi bersih. Meski masih terus dikembangkan, GHP memiliki potensi besar sebagai sistem energi bersih di masa depan. Saat ini banyak negara dan perusahaan berlomba-lomba melakukan investasi dan penelitian guna mengembangkan teknologi ini untuk bisa diimplementasikan lebih luas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.