Bagikan:

JAKARTA - Google telah memperkenalkan dukungan baru untuk para pemilik situs web, yang disebut dengan profil page dan discussion forum, untuk memastikan apa yang ditampilkan Search di fitur ini seakurat dan selengkap mungkin. 

“Penelusuran yang dirancang untuk menampilkan sudut pandang orang pertama dari platform media sosial, forum, dan komunitas lainnya. Penerapan data terstruktur ini akan membantu memastikan apa yang ditampilkan Penelusuran di fitur ini seakurat dan selengkap mungkin,” tulis Google dalam pembaruannya, dikutip Selasa, 28 November. 

Profil Page 

Profile Page markup dirancang sebagai tempat pembuat konten (baik orang atau organisasi) untuk berbagi perspektif langsung.

Dengan demikian, Google Penelusuran dapat mengidentifikasi informasi tentang pembuat konten dengan lebih baik, seperti nama atau nama pengguna sosialnya, foto profil, jumlah pengikut, atau popularitas kontennya. 

Discussion Forum

Di sisi lain, Discussion Forum ini dirancang untuk situs bergaya forum, di mana orang-orang dapat secara kolektif berbagi perspektif mereka langsung. Hal ini akan memungkinkan Google Penelusuran mengidentifikasi situs forum dan diskusi online di seluruh web dengan lebih baik. 

Tidak hanya itu, untuk mendukung pemilik situs dalam menerapkan perubahan ini, Google memperbarui Search Console dengan pelaporan baru yang akan menampilkan hal-hal seperti kesalahan, peringatan, dan item valid terkait dengan halaman yang diberi markup. 

Kedua fitur tersebut juga akan tersedia di Rich Results Test, sehingga pemilik situs dapat menguji dan memvalidasi perubahan markup apa pun.