Google Kini Izinkan Pengguna Kontrol atau Hapus Informasi Pribadi yang Muncul di Dunia Maya
Google Penelusuran sekarang jadi lebih mudah untuk menemukan informasi pribadi mereka di jagat maya. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna Google Penelusuran sekarang jadi lebih mudah untuk menemukan informasi pribadi mereka di jagat maya. Mereka bisa mengontrolnya atau menghapusnya kapan pun yang diinginkan.

Tahun lalu, Google telah meluncurkan alat Hasil tentang Anda untuk memudahkan pengguna meminta penghapusan hasil penelusuran yang berisi nomor telepon pribadi, alamat rumah, atau email, langsung dari aplikasi Google atau Penelusuran.

"Sekarang, kami telah memperbarui dan menyempurnakan alat secara signifikan, membantu Anda melacak informasi kontak pribadi Anda di Penelusuran dan memberi tahu Anda saat kami menemukannya, sehingga Anda dapat menghapusnya," ujar Google dalam pengumuman resminya, dikutip Jumat, 4 Agustus.

Sementara, dalam beberapa minggu mendatang, perusahaan akan meluncurkan sebuah dasbor baru yang akan memberi tahu pengguna jika hasil web dengan informasi kontak mereka muncul di Penelusuran.

Dengan begitu, pengguna bisa dengan cepat meminta penghapusan hasil tersebut dari Google langsung di dasbor.

"Kami juga akan memberi tahu Anda saat hasil baru dari web yang berisi info kontak Anda muncul di Penelusuran, untuk memberi Anda ketenangan pikiran," ungkap Google.

Pengguna dapat mengakses alat ini di aplikasi Google dengan mengeklik foto akun Google dan memilih "Hasil tentang Anda”, atau dengan mengunjungi goo.gle/resultsaboutyou.

Namun, fitur itu baru tersedia di Amerika Serikat (AS) dalam bahasa Inggris dan segera meluncur ke negara serta bahasa lainnya segera.

Terkait