Angkatan Luar Angkasa AS Perpanjang Kontrak Pemeliharaan C-SAR dengan Kratos
Ilustrasi konstelasi C-SAR (dok. USSF).

Bagikan:

JAKARTA – Pada 22 November 2023, Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat (AS) memperpanjang kontrak pemeliharaan sistem komunikasi militer AS hingga delapan tahun, tepatnya sampai tahun 2031.

Kontrak ini diberikan kepada Kratos Defense & Security Solutions. Sejak 2002, mereka telah melayani Sistem Keberlanjutan dan Ketahanan yang Terkonsolidasi Sistem Komando dan Kendali (C-SAR) milik angkatan militer.

Menurut laporan Spacenews, kontrak yang baru diperpanjang ini merupakan kontrak pengiriman tanpa batas atau kuantitas tidak terbatas dengan nilai 579 juta dolar AS atau sekitar Rp8,9 triliun.

Melalui perjanjian baru ini, perusahaan akan membantu pemeliharaan dan pengembangan dari empat konstelasi C-SAR untuk digunakan Angkatan Luar Angkasa AS dan Komando Luar Angkasa AS.

Empat konstelasi yang menjadi bagian dari C-SAR adalah Sistem Komunikasi Satelit Pertahanan (DSCS) III, Sistem Komunikasi Satelit Milstar, Frekuensi Sangat Tinggi Tingkat Lanjut (AEHF), dan Komunikasi Satelit Global Wideband (WGS).

Tak hanya fokus pada empat konstelasi, Kratos juga akan mendukung pengembangan dari 26 satelit komunikasi militer.

Mereka akan melakukan pekerjaannya di Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg dan Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Peterson.

Selain fokus pada pemeliharaan dan pengembangannya, Kratos juga akan bertanggung jawab atas peningkatan infrastruktur dari seluruh satelit tersebut.

Tak hanya itu, Kratos juga akan mengintegrasikan satelit baru dengan konstelasi pada masa depan.