<i>Trader</i> Kripto Tetap Optimistis Meski Binance Kena Jegal Departemen Kehakiman AS
Trader dinilai masih optimis pada Cryptocurrency. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Mundurnya Changpeng Zhao dari CEO Binance tidak membuat para trader dan komunitas kripto memandang pasar secara negatif. Yang terjadi, justru sebaliknya, mereka optimistis pada pasar kripto.

Sebelumnya, pada Selasa, 21 November, beredar laporan bahwa bursa Binance dan pemimpinnya Changpeng Zhao telah menyetujui penyelesaian kriminal yang akan membuat bursa tersebut membayar denda sebesar 4,3 miliar dolar AS. Kondisi ini, memaksa CZ mengundurkan diri dari kursi jabatannya.

Menurut jaringan perdagangan kripto institusional, Paradigm, pasar opsi saat ini mengalami peningkatan aktivitas call option Bitcoin topside. Aktivitas ini dinilai berlawanan dengan yang diharapkan. Meski demikian, ini bisa jadi pertanda sentimen bullish bagi pasar kripto.

Informasi saja, opsi panggilan (call option) Bitcoin topside mengacu pada suatu jenis kontrak opsi yang memberikan pemegangnya hak (bukan kewajiban) untuk membeli Bitcoin pada harga tertentu (harga pelaksanaan atau strike price) jika harga Bitcoin saat jatuh tempo (expired) berada di atas harga pelaksanaan tersebut.

"Kami telah melihat minat untuk memuat lebih banyak topside dengan permintaan yang kuat untuk panggilan yang akan jatuh tempo pada Maret 2024," ujar Patrick Chu selaku kepala marketing institusional Paradigm.

Dalam konteks ini, "topside" menunjukkan bahwa opsi panggilan ini menguntungkan jika harga Bitcoin berada di atas level tertentu atau mencapai puncak tertinggi (top). Ini berarti, jika harga Bitcoin naik melewati batas tertentu yang ditentukan, pemegang opsi panggilan akan dapat membeli Bitcoin dengan harga yang lebih rendah sesuai dengan harga pelaksanaan opsi.

Bersamaan dengan itu, analis pasar CoinDesk justru mendapati peningkatan perdagangan BTC dalam jumlah besar di level 45.000 dolar AS yang terjadi pada Rabu, 22 November. Disebutkan terdapat 550 kontrak diperdagangkan untuk call option yang akan berakhir pada bulan Maret tahun depan. Meningkatnya perdagangan opsi untuk Bitcoin ini menunjukkan keyakinan para investor dan trader kripto yang semakin menguat.