Selamat Tinggal! Discord Akan Hilangkan Chatbot Clyde Bulan Depan
Discord akan singkirkan chatbot Clyde dari servernya bulan depan/DOK Discord

Bagikan:

JAKARTA – Discord mengumumkan Clyde, chatbot Kecerdasan Buatan (AI) yang mereka kembangkan, akan segera dinonaktifkan. Kabar ini diumumkan melalui rilis catatan dukungan.

Untuk saat ini, para pengguna Discord masih bisa menggunakan Clyde. Fitur ini akan benar-benar menghilang pada awal tahun depan dan pengguna tidak bisa menemukan atau menggunakan Clyde lagi.

“Clyde akan dinonaktifkan pada akhir bulan. Mulai 1 Desember 2023, pengguna tidak lagi dapat memanggil Clyde di DM (Direct Messenger), DM Grup, atau obrolan server,” tulis Discord, Jumat, 17 November.

Clyde pertama kali diuji pada awal tahun ini. Chatbot AI itu digunakan untuk membantu pengguna dalam menjawab sejumlah pertanyaan. Sejak awal, pengujian dari fitur ini memang terbatas meski Discord berniat menjadikannya bagian dari platform.

Namun, Clyde tiba-tiba ingin ditarik dan dihentikan beroperasi. Tidak jelas alasan dari penghentian ini, tetapi The Verge berpendapat bahwa chatbot ini bisa kembali lagi ke Discord sebagai fitur berbayar khusus Nitro.

Perlu Anda ketahui bahwa Clyde merupakan chatbot AI yang diluncurkan sebagai fitur uji coba dan diintegrasikan ke dalam server. Chatbot ini merupakan fitur yang dikembangkan dengan teknologi OpenAI.

Clyde bisa digunakan untuk melakukan banyak hal seperti mengumpulkan informasi serta mencari tips, pengetahuan, dan lelucon. Fitur gratis ini juga bisa digunakan untuk mencari rekomendasi film, buku, restoran lokal, hingga mengeskpresikan perasaan lewat GIF dan meme.