Bagikan:

YOGYAKARTA - Penggunaan e-money kini semakin meningkat atau digemari karena memudahkan urusan transaksi keuangan. Biasanya pengguna memanfaatkan fitur Near Field Communication (NFC) untuk melihat jumlah saldo e-money. Namun ada juga cara cek saldo e-money di hp tanpa NFC.

E-money merupakan kartu prabayar yang menggunakan teknologi nirsentuh. Sistem pembayaran nontunai ini bisa dimanfaatkan untuk transaksi di berbagai fasilitas, mulai dari KRL, MRT, parkir di mall, masuk tol, dan sebagainya. Dengan adanya fitur ini, maka Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang tunai saat melakukan pembayaran. 

Namun agar pemakaian e-money bisa lancar tanpa kendala, pengguna harus memastikan saldonya mencukupi. Lantas bagaimana cara cek saldo e-money di hp tanpa NFC?

Cara Cek Saldo E-Money di HP Tanpa NFC

Sejumlah kartu pembayaran e-money menggunakan sistem RF-ID melalui pemiandaian kartu dengan NFC untuk melihat saldo yang tersisa. Sayangnya fitur NFC di smartphone saat ini masih belum banyak atau terbatas. 

Bagi Anda dengan ponsel yang belum memiliki fitur NFC, pengecekan saldo dapat Anda lakukan lewat platform  m-banking atau internet banking Mandiri dengan langkah berikut ini:

  1. Silakan buka mbanking atau internet banking di ponsel Anda
  2. Masuk ke akun m-banking Mandiri Anda dengan sandi yang sudah dibuat
  3. Pilih Uang Elektronik, dan klik Mandiri E-Money
  4. Untuk melihat jumlah saldo e-money, Anda harus klik Informasi Saldo dengan mengetikkan 16 digit nomor yang tertera di bagian belakang kartu e-money
  5. Kemudian klik tombol kirim dan informasi saldo akan ditampilkan pada layar handphone. 

Cara Cek Saldo E-Money Tanpa NFC

Selain melalui platform mobile banking dan internet banking, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek saldo e-money tanpa menggunakan NFC. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melihat sisa saldo e-money. 

Cek Saldo E-Money di Minimarket

Pengecekan saldo e-money bisa Anda lakukan melalui minimarket, seperti Indomaret atau Alfamart. Di setiap cabang minimarket ni biasanya menyediakan mesin EDC yang memungkinkan untuk penggunaan melihat saldo e-money. 

Berikut ini langkah-langkah mengecek saldo e-money tanpa NFC melalui minimarket:

  1. Pergi ke minimarket terdekat dan datangi bagian kasir 
  2. Minta kepada petugas kasir untuk membantu Anda memeriksa saldo E-money Anda
  3. Anda juga bisa melakukan pengisian ulang E-money dengan biaya administrasi sekitar Rp1.000 hingga Rp2.000 untuk setiap transaksi pengisian saldo.

Cek Saldo E-Money di ATM

Anda juga bisa menggunakan mesin ATM untuk mengecek saldo e-money. Berikut ini langkah-langkah melihat sisa saldo e-money menggunakan ATM:

  1. Anda hanya perlu datang ke ATM yang memiliki logo khusus e-money
  2. Selanjutnya klik tombol berwarna hijau, lalu tekan menu e-money 
  3. Kemudian pilih Cek Saldo dan tempelkan kartu Anda pada bagian e-money yang tersedia di ATM 
  4. Tekan menu Informasi Saldo, mesin ATM akan menampilkan jumlah saldo e-money.

Cek Saldo E-Money Melalui Bank Penerbit

Selain melalui dua metode di atas, Anda juga bisa mengecek saldo e-money melalui bank penerbit. Anda bisa meminta bantuan customer service yang melakukan kerjasama untuk menerbitkan e-money. Anda tinggal menyampaikan kepada petugas bank bagian CS terkait tujuan Anda, kemudian ikuti arahan dari mereka. 

Demikianlah cara mengecek saldo e-money di HP tanpa NFC. Jika ponsel Anda belum memiliki fitur NFC, Anda bisa mencoba sejumlah langkah di atas. Pastikan Anda melihat sisa saldo e-money secara berkala untuk memastikan penggunaan lancar dan aman.