Tarif Tol Jakarta-Surabaya saat Mudik Lebaran, Siapkan Biaya Rp678 Ribu!
Jalan Tol Ruas Cikampek (Foto: Twitter @NTMCLantasPolri)

Bagikan:

JAKARTA – Sebentar lagi sudah akan memasuki Bulan Ramadan, dan Idul Fitri akan segera tiba. Bagi Anda yang hendak mudik, berikut ini rincian tarif tol Jakarta Surabaya yang dapat menjadi acuan Anda.

Pada awal tahun 2021 ini, PT Jasa Marga (Persero) telah membuat kebijakan dan penyesuaian tarif ruas jalan tol baru. Tarif tersebut diberlakukan sejak 17 Januari 2021 ini dan diberlakukan di jalan Tol Trans Jawa.

Mudik Menggunakan Jalan Tol Trans Jawa

Jalan Tol Trans-Jawa merupakan sebuah jaringan jalan bebas hambatan yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa.

Jalan tol ini tentunya akan memudahkan akses Anda yang ingin mudik tahun ini menggunakan kendaraan pribadi.

Selain menghubungkan Jakarta hingga Surabaya, Jalan Tol Trans-Jawa juga menghubungkan Pelabuhan Merak di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang di ujung Provinsi Jawa Timur.

Panjang Jalan Tol Trans-Jawa membentang kurang lebih 1.000 km dan masuk dalam Asian Highway 2 (AH2) atau Jaringan Jalan Asia.

Perlu diketahui, Jalan AH2 merupakan jalan bebas hambatan di Asia Zona 2 yang merupakan bagian dari Jaringan jalan tol Asia yang memiliki panjang 13.177 km, yang membentang dari Denpasar hingga Kota Khosravi di Iran.

Berapa Besaran Tarif Tol Jakarta Surabaya?

Lantaran PT Jasa Marga melakukan penyesuaian harga, maka terdapat beberapa tarif tol dari Jakarta—Semarang hingga Surabaya mengalami kenaikan.

Berikut ini Tim VOI telah merinci tabel besaran tarif jalan tol berdasarkan beberapa gerbang tol yang dilalui sepanjang Jakarta menuju Surabaya.

Nomor

Ruas Tol

Panjang

Tarif

1

Jakarta-Cikampek

72 km

Rp20.000

2

Cikampek-Palimanan

116,75 km

Rp107.500

3

Palimanan-Kanci

26,3 km

Rp12.500

4

Kanci-Pejagan sepanjang

35 km

Rp29.500

5

Pejagan-Pemalang

57,5​​km

Rp60.000

6

Pemalang-Batang

39,19 km

Rp39.000

7

Batang-Semarang (SS Krapyak)

75,6 km

Rp75.000

8

Semarang ABC (SS Krapyak-Banyumanik)

24 Km

Rp5.500

9

Semarang-Solo

72,64 km

Rp65.500

10

Solo-Ngawi

90,43 km

Rp91.000

11

Ngawi-Kertosono-Kediri

117,4 km

Rp88.000

12

Kertosono-Mojokerto

34,8 km

Rp49.000

13

Mojokerto-Surabaya

36,27 km

Rp36.000

Total tarif tol Jakarta Surabaya =

Rp678.000

Berdasarkan tabel di atas, untuk menuju Surabaya dari Jakarta dengan menggunakan jalan tol Anda harus melalui 13 ruas tol dan biaya yang harus Anda persiapkan adalah Rp678 ribu.

Namun perlu Anda ketahui jika sekarang pembayaran pada tiap gerbang di Tol Trans Jawa sudah menggunakan saldo elektronik, sehingga Anda tidak dapat melakukan pembayaran menggunakan uang tunai.

Saldo elektronik yang digunakan untuk melakukan pembayaran di gerbang jalan tol biasa disebut sebagai E-Toll atau Electronic Toll. Di Indonesia terdapat beberapa layanan E-Toll yang dapat Anda gunakan.

Beberapa Layanan E-Toll di Indonesia

1.     Brizzi BRI

2.     Mandiri e-Money

3.     BCA Flazz

4.     Tap Cash BNI

5.     Blink BTN

Lima layanan E-Toll tersebut dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di seluruh ruas tol yang dikelola oleh Jasa Marga atau Jalan Tol Trans Jawa. Meskipun demikian khusus wilayah Jabodetabek, Anda dapat menggunakan JakCard dari Bank DKI.

Cara Mengisi E-Toll dengan Mudah dan Praktis

Sejak tahun 2017, pemerintah melalui Jasa Marga telah memberlakukan pembayaran E-Toll. Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan atrean di loket pembayaran tol.

Bagi Anda yang masih baru dalam menggunakan E-Toll, berikut ini beberapa cara melakukan pengisian saldo ke dalamnya.

1.     Melalui Mesin ATM dan Internet Banking

Kartu E-Toll yang Anda miliki dapat dengan mudah diisi saldo melalui mesin ATM atau melalui layanan internet banking yang Anda gunakan.

Langkah pertama adalah datangi mesin ATM bank penyedia E-Toll (Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, dan BCA) kemudian pastikan kembali ATM yang Anda datangi memiliki alat deteksi (yang memiliki logo e-Money pada mesin).

Selanjutnya, Anda tinggal masukkan kartu debit ATM dan masukkan PIN. Kemudian tekan menu 'Uang Elektronik' dan tekan menu 'Top Up'.

Kemudian masukkan jumlah nominal yang hendak Anda inginkan terakhir tempelkan kartu E-Toll pada tempat untuk melakukan scanning.

Untuk melakukan pengisian menggunakan internet banking langkah-langkah yang dilakukan sama. Namun pastikan perangkat yang Anda gunakan sudah memiliki NFC yang digunakan untuk mendeteksi kartu E-Toll.

2.     Isi Saldo E-Toll di Mini Market

Terdapat beberapa mini market di Indonesia yang melayani pengisian saldo E-Toll beberapa di antaranya adalah Indomaret, Alfamart, Lawson, dan lainnya.

Anda cukup mendatangi kasir beberapa mini market tersebut dan minta untuk melakukan pengisian e-Money.

3.     Membeli Saldo E-Toll melalui Market Place

Beberapa market place di Indonesia seperti Tokopedia memberikan layanan pengisian uang virtual secara praktis.

Tokopedia menyediakan pengisian e-Money Mandiri. Anda dapat memilih pengisian layaknya membeli token listrik PLN atau pembelian pulsa. Mudah bukan?

Selain informasi mengenai tarif tol Jakarta Surabaya, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!