Daftar Cara Top Up E-Money Berbagai Bank
Ilustrasi e-money (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian masyarakat masih membingungkan bagaimana cara top up e-money, uang elektronik yang digunakan untuk berbagai keperluan.

Seperti diketahui, e-money atau uang digital adalah mata uang yang tersimpan di media elektronik tertentu yang digunakan untuk kegiatan transaksi secara online. E-money biasanya tersimpan dalam sebuah kartu yang memiliki chip di dalamnya, yang diterbitkan oleh perbankan. Contoh e-money di Indonesia adalah seperti e-money BCA melalui Flazz, e-money Mandiri melalui E-Money, e-money BNI melalui TapCash, e-money BRI melalui Brizzi, dan sebagainya.

Cara Top Up E-Money Berbagai Bank

Manfaat e-money adalah untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran, salah satunya pembayaran jalan tol. Sebelum memasuki gerbang tol, masyarakat biasanya akan mengisi saldo e-money lebih dulu untuk membayar tarif retribusi tol. Bagi masyarakat yang masih membingungkan bagaimana cara isi saldo e-money, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut.

  1. Menggunakan Mesin ATM

Cara pertama isi saldo e-money adalah melalui mesin ATM. Namun perlu diketahui bahwa mesin ATM yang digunakan harus memiliki slot card reader sebagai media pembaca chip kartu e-money. Pengisian uang elektronik melalui ATM cukup cepat. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk top up e-money di ATM.

  • Pilih mesin ATM dengan card reader khusus di sekitar Anda;
  • Masukkan kartu debit Anda ke dalam ATM, pastikan kartu debit memiliki saldo yang cukup;
  • Setelah memasukkan PIN, Anda bisa memilih opsi Prabayar;
  • Setelah itu pilih E-money atau uang elektronik;
  • Ketik nominal uang yang ingin di-top up lalu tekan “Ya”;
  • Letakkan kartu E-Money pada card reader mesin ATM. Jika pengisian e-money berhasil maka akan muncul keterangan transaksi berhasil atau mesin ATM secara otomatis mengeluarkan struk sebagai tanda bukti transaksi.

Namun patut diketahui bahwa langkah pengisian e-money lewat ATM kadang berbeda menyesuaikan dengan kebijakan bank pemilik ATM.

  1. Minimarket

Masyarakat bisa mengisi e-money melalui minimarket yang telah ditunjuk oleh pihak perbankan sebagai mitra pengisian e-money. Masyarakat bisa mengisi e-money secara langsung, cukup dengan membawa kartu e-money. Kasir akan melayani pengisian saldo, sedangkan biaya administrasi top up e-money cukup terjangkau yakni Rp2.000. Berikut ini cara isi uang elektronik di minimarket.

  • Pilih minimarket terdekat seperti Indomart atau Alfamart lalu pergi ke bagian kasir;
  • Anda bisa bertanya lebih dulu apakah top up e-money bisa dilakukan atau tidak;
  • Jika, ya, Anda bisa menyerahkan kartu e-money pada kasir. Jangan lupa tentukan saldo yang ingin diisi;
  • Lakukan transaksi seperti biasa.
  1. Datang Langsung ke Bank

Masyarakat juga bisa melakukan top up e-money dengan cara datang langsung ke kantor cabang bank terdekat menyesuaikan bank penerbit kartu e-money. Setiap kantor cabang bank di Indonesia melayani pengisian e-money. Anda cukup dayang ke petugas bank dengan membawa kartu e-money.

  1. Transfer Online dengan Smartphone NFC

Pemilik e-money juga bisa melakukan top up secara online seperti transfer lewat mbanking atau pengisian lewat aplikasi e-commerce. Namun pastikan dulu ponsel Anda memiliki fitur NFC. Fitur tersebut berguna untuk membaca kartu e-money sehingga bisa melakukan transaksi. Isi saldo menggunakan ponsel yang tidak memiliki fitur NFC bisa dilakukan, namun Anda harus melakukan update saldo e-money melalui mesin ATM

Itulah cara top up e-money berbagai bank yang bisa dilakukan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.