Elon Musk Sambut Partisipasi China dalam Keselamatan AI, Berharap AS dan Inggris juga Selaras
Elon mUsk saat diwawancari Rishi Sunak (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

JAKARTA - Miliarder Elon Musk menyambut keterlibatan China dalam keselamatan kecerdasan buatan. Ia juga mengatakan bahwa dirinya ingin melihat Beijing sejalan dengan Inggris dan Amerika Serikat dalam hal tersebut. Hal itu terungkap dalam pidatonya di London pada Kamis 2 November, bersama Perdana Menteri Inggris Raya, Rishi Sunak.

Musk mendukung inklusi China dalam AI Safety Summit pertama, yang diselenggarakan di Bletchley Park, Inggris, dan telah menarik perusahaan dan negara-negara terkemuka bersama untuk menyetujui langkah awal tentang bagaimana mengelola risiko model AI terbaru.

"Jika Amerika Serikat, Inggris, dan China sejalan dalam hal keselamatan, maka itu akan menjadi hal yang baik, karena di situlah kepemimpinan umumnya," kata Musk dikutip VOI dari Reuters.

Musk, yang pada bulan Mei diberi perlakuan layaknya petinggi negara selama kunjungannya ke China, menyambut baik partisipasi Beijing dalam pembicaraan keselamatan AI di acara tersebut.

"Kehadiran mereka di sini menurut saya sangat penting. Jika mereka bukan peserta, itu sia-sia," ucapnya.

Sunak yang mewawancarai Musk, yang dianggap sebagai tamu bintang oleh Britania Raya dalam pertemuan puncak selama dua hari tersebut, berada di panggung kecil di ruangan yang berlapis emas di Lancaster House London. Ini adalah salah satu tempat paling mewah pemerintah Inggris, yang sering digunakan untuk fungsi diplomatik.

Sunak yang mengaku sebagai pecinta teknologi mengatakan dia merasa "terhormat dan bersemangat" untuk menjadi tuan rumah bagi Musk dan menggunakan kesempatan tersebut untuk membuat ajakan investasi yang tidak begitu halus ketika pendiri Tesla  dan SpaceX mengatakan perusahaan rintisan membutuhkan imbalan tinggi untuk mengambil risiko di sektor tersebut.

"Kami benar-benar memiliki sistem pajak yang mendukung hal tersebut," kata Sunak.

Diskusi eklektik itu berlangsung di depan penonton yang diundang, termasuk puluhan pemimpin bisnis lainnya, sebagai acara terakhir dalam pertemuan selama dua hari yang dianggap sebagai langkah maju dan besar dalam memanfaatkan AI untuk kebaikan dengan mulai memikirkan risiko serius yang mungkin ditimbulkannya.

Musk dan Sunak sepakat tentang kemungkinan perlunya "tombol off" fisik untuk mencegah robot berjalan di luar kendali secara berbahaya, dengan merujuk pada waralaba film "The Terminator" dan film fiksi ilmiah lainnya.

"Semua film dengan plot yang sama pada dasarnya berakhir dengan orang itu mematikannya," kata Sunak. Ia juga menambahkan bahwa pentingnya tombol off fisik telah menjadi bagian dari diskusi puncak pada hari sebelumnya.

Musk mengatakan kepada Sunak bahwa ia menganggap AI sebagai "kekuatan paling mengganggu dalam sejarah". Ia juga berspekulasi bahwa teknologi ini akan mampu "melakukan segalanya" dan membuat pekerjaan seperti yang kita kenal hari ini menjadi sesuatu yang sudah usang.

"Saya tidak tahu apakah hal itu membuat orang nyaman atau tidak," kata Musk. "Itu baik dan buruk. Salah satu tantangan di masa depan akan menjadi, bagaimana kita menemukan makna dalam hidup jika Anda memiliki jin ajaib yang dapat melakukan semua yang Anda inginkan?"