Cara Mengetahui Sumber Asli Foto dan Video yang Viral di Medsos Agar Tak Tertipu Hoax
Ilustrasi hoaks (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Netizen disarankan untuk membekali diri dengan bagaimana cara mengetahui sumber asli foto dan video. Hal itu perlu dimiliki agar tak terjebak dengan informasi bohong atau hoaks yang banyak beredar di media sosial.

Mengetahui sumber konten apakah asli atau palsu juga membuat warganet bisa bersikap bijak dan hati-hati saat memberikan komentar atau share foto dan video dari akun lain.

Cara Mengetahui Sumber Asli Foto dan Video

Perlu diketahui bahwa saat ini banyak oknum yang dengan sengaja menyebarkan foto dan video editan menyerupai aslinya kemudian dibelokkan dengan narasi tertentu. Biasanya konten semacam itu disebarkan dengan sengaja untuk berbagai kepentingan negatif salah satunya black campaign. Adapun cara yang bisa digunakan untuk mengecek sumber asli foto dan video adalah sebagai berikut.

  1. Google dan Yandex

Google dan Yandex adalah mesin pencarian di internet yang memberikan berbagai informasi. Selain itu kedua mesin pencari juga dapat membantu pengguna internet untuk memeriksa sumber asli foto dan video.

Untuk mengetahui dari mana sumber asli foto, Anda bisa menggunakan Google Image. Cara pengecekannya adalah dengan masuk ke halaman Google Image lalu klik ikon berbentuk kamera. Setelah itu pilih gambar yang ingin dicari keasliannya. Pengecekan bisa dilakukan dengan sistem upload atau memasukkan link gambar.

Pengecekan lewat upload dilakukan dengan klik “Choose File” lalu pilih foto yang sebelumnya sudah tersimpan di komputer. Atau Anda bisa langsung menyeret gambar dari komputer ke kolom pencarian.

Setelah proses pencarian selesai Anda akan mendapatkan hasil yang related dengan gambar Anda. Dari sini sumber pertama kali dapat terlacak.

Sedangkan untuk pengecekan video dapat menggunakan Yandex. Cara kerjanya hampir mirip karena sama-sama menggunakan mesin pencarian. Adapun cara pengecekannya adalah sebagai berikut.

  • Screenshoot salah satu adegan dalam video yang ingin dicek keasliannya
  • Setelah itu buka halaman Yandex lalu pilih menu “Images”
  • Unggah hasil screenshoot yang telah disimpan dengan cara klik icon kamera, “Select a File”, lalu pilih file gambar yang ingin dicari. Setelah itu klik "Similar images".

Yandex akan menampilkan hasil gambar dan vide yang menyerupai dengan file yang diunggah sebelumnya. Selain itu tercantum pula sumber yang memuat video yang sama atau menyerupai dengan file yang diunggah.

  1. Ekstensi Browser

Melakukan pengecekan konten hoaks juga dapat dilakukan dengan ekstensi browser bernama RevEye lewat Chrome Web Store. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masykkan kata kunci RevEye di kolom pencarian
  • Setelah itu klik "add to chrome"
  • Pilih "add extension"

Setelah ekstensi browser terpasang, pengecekan bisa dilakukan denganc ara klik kanan di gambar yang ditemukan pada website pilih RevEye. Nanti akan muncul secara otomatis informasi terkait konten yang dipilih.

Itulah beberapa cara mengetahui sumber asli foto dan video. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.