Bitcoin dan Ether Melonjak, Solana dan Chainlink Terbang
Sejumlah aset kripto dengan kapitalisasi pasar yang besar mengalami kenaikan signifikan. (Foto; Dok. Arbah7)

Bagikan:

JAKARTA - Pasar kripto mulai menunjukkan pemulihan setelah mengalami ketidakpastian dalam beberapa bulan terakhir. Sejumlah mata uang kripto dengan market cap besar mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) menjadi pemimpin kenaikan ini, didorong oleh harapan adanya Exchange-Traded Fund (ETF) yang didukung oleh Bitcoin tahun depan. ETF adalah produk investasi yang melacak harga aset tertentu, seperti saham, obligasi, atau mata uang kripto.

"Kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin di AS semakin besar setelah SEC gagal menggugat Grayscale di pengadilan," kata James Butterfill, Kepala Penelitian di CoinShares.

Dalam tujuh hari terakhir, harga Bitcoin naik 19% menjadi sekitar 3 4.100 dolar AS (Rp542 juta) pagi ini. Volume perdagangan Bitcoin mencapai  44 miliar dolar AS (Rp700 triliun), dengan kapitalisasi pasar sebesar  661 miliar dolar AS (Rp10,5 kuadriliun).

Ether juga mengikuti tren positif, naik 14% dalam seminggu menjadi sekitar  1.785 dolar AS  (Rp28 juta). Volume perdagangan Ether mencapai  27,5 miliar dolar AS (Rp437 triliun), dengan kapitalisasi pasar sebesar 215 miliar dolar AS  (Rp3,4 kuadriliun).

Kenaikan ini menandakan akhir dari "musim dingin kripto" yang berkepanjangan. Mata uang kripto semakin diminati oleh investor institusional, yang membuka peluang masa depan yang lebih cerah.

Selain Bitcoin dan Ether, mata uang kripto lainnya yang masuk dalam 20 besar kapitalisasi pasar juga menikmati kenaikan. Solana (SOL) dan Chainlink (LINK) menjadi bintang dengan lonjakan harga masing-masing 33% dan 49% dalam seminggu. Keduanya menjadi mata uang kripto berkapitalisasi besar dengan kinerja terbaik.

XRP dan Cardano (ADA) juga mengalami peningkatan. XRP naik 14% menjadi  0,56 dolar AS (Rp8.900), sementara Cardano naik 13% menjadi 0,27 dolar AS  (Rp4.300) dalam seminggu.

Namun, tidak semua mata uang kripto mengalami kenaikan yang sama. Binance Coin (BNB), token asli platform Binance, dan Shiba Inu (SHIB), sebuah koin meme yang sempat viral, hanya naik sedikit. BNB naik 6,4% menjadi  225 dolar AS  (Rp3,6 juta), sementara SHIB naik 7% dalam seminggu.

Meskipun pasar kripto masih dipenuhi ketidakpastian, tren dan sentimen saat ini menunjukkan prospek yang cerah bagi Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.