Samsung Merilis Video Dukungan untuk Kampanye #GetTheMessage Google, Dorong Apple untuk Adopsi RCS
IMessage dari Apple diharapkan mengadopsi RCS (Rich Communication Services) (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung merilis video dukungan untuk kampanye #GetTheMessage dari Google yang mendorong Apple untuk mengadopsi RCS (Rich Communication Services), protokol lintas platform yang diusulkan sebagai penerus SMS dengan banyak fitur yang ditemukan dalam aplikasi pesan modern, termasuk iMessage milik Apple.

Video tersebut berjudul "Gelembung hijau dan biru ingin bersatu" dan menggambarkan percakapan gaya Romeo dan Juliet antara dua pengguna yang ingin bersama, namun terhalang oleh salah satu "orang tua" mereka.

"Apakah hijau pernah melakukan sesuatu pada mereka? Kami juga punya gelembung," kata salah satu dari mereka.

"Gelembung" adalah referensi kepada antarmuka iMessage milik Apple yang menampilkan gelembung biru berfitur lengkap untuk pesan yang dikirim antara pengguna Apple, dan gelembung SMS hijau yang tidak selaras dengan fungsionalitas yang lebih rendah ketika pengguna Android ikut serta dalam percakapan tersebut.

Sistem kelas ganda ini terutama membuat frustrasi di negara seperti Amerika Serikat, di mana sekitar setengah populasi menggunakan iPhone dan setengahnya lagi menjalankan Android pada perangkat Samsung.

Apple, tentu saja, memiliki insentif kuat untuk mempertahankan status quo sebagai bentuk penguncian ekosistem, tetapi mungkin terpaksa membuka layanan pesanannya sebagai hasil dari Digital Markets Act (DMA) dari Uni Eropa.

Saat ini, regulator tengah menyelidiki apakah iMessage memenuhi syarat sebagai "layanan platform inti" di bawah peraturan tersebut, yang akan mewajibkan Apple untuk menawarkan interoperabilitas dengan layanan pesan lainnya.