Threads Mungkin akan Meluncurkan Fitur Trending Topic Mirip X
Fitur Trending Topic akan hadir di Threads (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai upaya untuk lebih bersaing dengan X (dulunya Twitter), Meta tampaknya sedang bersiap meluncurkan fitur baru untuk Threads Instagram, yakni fitur Trending Topic. 

Salah satu pengguna Threads willianmax, menemukan sebuah tangkapan layar terkait fitur Trending Threads yang tidak sengaja diposting oleh karyawan Threads akhir pekan ini. 

Dalam tangkapan layar tersebut, mirip seperti Trending topic di X, Anda bisa melihat daftar topik-topik yang sedang ramai diperbincangkan, serta berapa banyak 'utas' yang membahas topik tersebut. 

"Untuk lebih jelasnya: Saya bukan seorang "leaker" atau semacamnya. Saya hanya mengikuti banyak insinyur dan karyawan yang bekerja di Meta, dan salah satu dari mereka secara tidak sengaja memposting tangkapan layar yang dimaksudkan untuk bersifat pribadi," tulis Willianmax dalam Threads lanjutannya. 

"Untungnya bagi kami, saya kebetulan melihatnya pada saat yang tepat. Saya tidak akan mengungkapkan siapa yang memposting tangkapan layar tersebut karena alasan yang jelas," tambahnya. 

Meskipun fitur Trending Threads ini tidak seluas dengan milik X, kehadiran fitur ini bisa jadi langkah maju Meta untuk aplikasinya. 

Baru-baru ini Threads dikabarkan berhasil menembus 100 juta pendaftar ketika pertama kali diluncurkan pada bulan Juli. Namun, jumlah pengguna ini menurun secara drastis dan signifikan pada minggu-minggu berikutnya. 

Insider Intelligence mencatat bahwa pengguna Threads di Amerika Serikat (AS) akan mencapai 23,7 juta di akhir tahun 2023. Jika dibandingkan dengan platform milik Elon Musk, X diperkirakan memiliki 56,1 juta pengguna aktif di AS pada akhir tahun 2023.

Selain masih kalah dari X, Threads juga tertinggal jauh dari platform lain yang dinaungi Meta. Facebook, Instagram, dan TikTok diprediksi masing-masing memiliki 177,9 juta, 135,2 juta, dan 102,3 juta di AS pada akhir tahun 2023.