Tesla Tarik Sejumlah 135 Ribu Mobil Model S dan X Karena Kerusakan Layar Sentuh
Mobil listrik Tesla (Greece Is)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla merilis versi revamp dari Model S dan X akhir Januari lalu. Perusahaan milik Elon Musk ini memperkenalkan Model S dan X versi baru dengan interior dan eksterior yang lebih segar serta peningkatan di bagian komponen pemrosesan.

Di samping itu, Model baru X dan S 2021 juga bakal dibekali layar sentuh. Menurut kabar terakhir yang dihimpun VOI, layar sentuh pada Mobil Tesla Model S bakal bisa menjalankan gim PC seperti Cyberpunk 2077, The Witcher, dan masih banyak judul lain.

Sayangnya, tampaknya fitur tersebut belum bisa dirasakan untuk beberapa saat mendatang. Pasalnya, National Highway Traffic Safety Administration melayangkan surat resmi kepada Tesla. Isi surat tersebut meminta agar perusahaan menarik 134.951 mobil yang sudah terlanjur dijual akibat potensi kegagalan layar sentuh.

Diketahui, Tesla Model X dan S menggunakan layar tengah untuk mengontrol fungsi mobil. Seperti fungsi defrosting atau defogger serta untuk menampilkan tangkapan dari kamera belakang.

NHTSA pun meminta agar perusahaan memeriksa kerusakaan layar, di mana layar bakal kosong (blank) saat memori komputer terisi penuh. NHTSA juga turut menambahkan dokumen keluhan dari pengguna yang sudah dilayangkan sejak bulan Juni.

Tak cuma itu, banyak pengemudi turut melaporkan kerusakan pada layar. Seperti layar mati, kegagalan menampilkan fitur cuaca, kamera, hingga kontrol lain. Disampaikan bahwa mobil-mobil yang digunakan dalam laporan tersebut masih dipakai pengguna, tapi dengan pemakaian terbatas.

Ini bukanlah pemberitahuan pertama yang dilayangkan NHTSA. Pada bulan Januari, lembaga tersebut juga meminta Tesla untuk menarik mobil yang diduga mengalami kerusakan –termasuk Model S dari tahun 2012 hingga 2018 serta Model X SUV keluaran 2016 hingga 2018.

Sementara itu, Reuters melaporkan bahwa awalnya NHTSA hanya meminta sejumlah 158 ribu mobil yang ditarik. Tapi, Tesla menyatakan bahwa akan menyertakan beberapa jenis mobil yang sudah ditingkatkan dengan prosesor terbaru.