Beda dengan Market Place, Apa Itu <i>e-Commerce Enabler</i>? Ini Pengertian hingga Manfaatnya untuk Bisnis
Ilustrasi e-commerce (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Keberadaan e-commerce enabler ternyata cukup membantu para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnisnya di dunia digital. Namun tahukah Anda apa itu e-commerce enabler?

Apa Itu e-Commerce Enabler

Secara sederhana, e-commerce enabler adalah penyedia jasa yang berkaitan dengan bisnis dengan menargetkan pelaku bisnis baik perseorangan, UMKM, maupun perusahaan sebagai pasarnya. Jasa yang ditawarkan oleh e-commerce enabler berbeda dengan e-commerce pada umumnya karena layanan ini memberikan layanan kepada pelaku bisnis adalah untuk membantu merealisasikan semua strategi bisnis di dunia digital.

Layanan e-commerce enabler biasanya mencakup hal-hal yang berkaitan dengan dunia digital seperti produksi konten digital, optimasi website, meningkatkan performance marketing di dunia maya, customer care, pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen.

Selain itu ada pula e-commerce enabler yang menyediakan layanan lain terkait dengan aspek bisnis itu sendiri seperti menangani pengelolaan toko online, manajemen inventaris, manajemen konsumen, membuat sistem yang diterapkan di gudang penyimpanan, dan juga membangun sistem dan teknologi yang bertujuan untuk menunjang pengembangan perusahaan e-commerce.

E-commerce enabler berbeda dengan e-commerce biasa seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya karena e-commerce tersebut hanya menjadi bagian dalam rantai penjualan. Sedangkan e-commerce enabler cenderung bekerja di balik layar.

Contoh Layanan yang Diberikan e-Commerce Enabler

Tentu Anda menyadari bahwa saat ini banyak brand besar yang memiliki keahlian dalam penjualan secara offline. Sayangnya, pengalaman mereka di dunia bisnis offline tidak dapat menunjang perkembangan bisnis mereka saat perusahaan memutuskan untuk melebarkan sayap di dunia digital.

Perusahaan konvensional tidak bisa hanya mengandalkan penjualan produk secara offline. Agar berkembang, mau tidak mau mereka harus menginjakkan kaki di e-commerce. Untuk mendukung pengembangan bisnis di e-commerce, akhirnya mereka mempekerjakan e-commerce enabler. Contoh layanan yang diberikan e-commerce enabler adalah sebagai berikut.

  1. Konsultan Strategi Digital

E-commerce enabler akan membantu brand atau perusahaan untuk merancang strategi terbaik saat berencana masuk ke dunia digital.

  1. Produksi Konten

Di dunia digital, konten sangat berpengaruh untuk merangkul pasar dan target market. E-commerce enabler akan membantu memproduksi foto dan video, pembuatan deskripsi produk, dan jenis konten lain yang dibutuhkan.

Layanan ini mencakup pembuatan toko e-store, pengelolaan penginputan harga, promosi, inventaris, hingga pemrosesan pesanan.

  1. Data Analysis

Perusahaan enabler akan mencari tahu dengan menganalisis data mengapa bisnis yang mereka kelola mengalami penurunan performa di dunia digital.

  1. Customer Service

Perusahaan yang memanfaatkan layanan enabler tak perlu pusing menyediakan customer service (CS) karena enabler akan menyediakannya untuk menjawab keluhan pelanggan dari berbagai kanal seperti saluran media sosial maupun situs web mereka.

Manfaat e-Commerce Enabler

Ada banyak alasan mengapa banyak perusahaan memanfaatkan e-commerce enabler, salah satunya adalah pihak ketiga tersebut memberikan dampak dan manfaat yang cukup signifikan. Beberapa manfaat e-commerce enabler adalah sebagai berikut.

  1. Mengembangkan Bisnis Offline ke Online

Perusahaan konvensional yang selama ini memasarkan produknya secara offline akan memiliki daya saing di dunia digital tanpa harus mempekerjakan banyak orang.

  1. Membantu Menjembatani Perusahaan dengan Kultur Masyarakat Baru

Di luar negeri ada banyak perusahaan yang memanfaatkan e-commerce enabler untuk melebarkan bisnis ke negara yang berbeda. E-commerce enabler akan membantu perusahaan memahami kultur masyarakat di negara yang berbeda.

  1. Merancang Strategi Bisnis Digital yang Efektif

e-Commerce enabler membantu merancang strategi bisnis digital sehingga perusahaan bisa menggunakannya untuk membantu mereka meningkatkan penjualan.

Itulah informasi terkait apa itu e-commerce enabler. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.