Pasar Derivatif CME Group Luncurkan Tingkat Referensi Bitcoin dan Ether untuk Wilayah Asia Pasifik
CME Group mengumumkan kemitraan dengan penyedia indeks kripto CF Benchmarks (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 16 Agustus, pasar derivatif CME Group mengumumkan kemitraan dengan penyedia indeks kripto CF Benchmarks untuk meluncurkan dua tingkat referensi kripto yang difokuskan pada wilayah Asia Pasifik pada tanggal 11 September.

Tingkat referensi digunakan sebagai sumber yang kredibel untuk harga mata uang kripto dan digunakan - dalam kasus CME - untuk menentukan harga penyelesaian kontrak berjangka kripto.

CME Group menyatakan bahwa mulai tanggal 11 September, lembaga dan investor kripto di wilayah Asia akan mendapatkan dua tingkat referensi yang akan melacak BTC dan ETH, yang akan dipublikasikan sekali sehari pada pukul 16.00 waktu Hong Kong.

CME Group telah memiliki tingkat referensi yang ada untuk kedua mata uang kripto tersebut, tetapi mereka dipublikasikan pada waktu yang lebih sesuai untuk investor di zona waktu New York dan London.

Kepala produk kripto CME, Giovanni Vicioso, mengatakan bahwa sepanjang tahun ini, 37% dari volume perdagangan kripto di CME dilakukan selama jam perdagangan di luar AS, dengan 11% berasal dari wilayah Asia Pasifik.

"Rasio referensi APAC ini akan memungkinkan peserta pasar untuk mengamankan risiko harga mata uang kripto dengan lebih akurat dan tepat waktu, yang lebih sejajar dengan portofolio mereka," kata Vicioso, dikutip Cointelegraph.

Kepala Riset Matrixport, Markus Thielen, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa tingkat referensi tersebut menunjukkan bahwa CME melihat permintaan yang meningkat dari lembaga-lembaga yang membutuhkan harga BTC dan ETH yang akurat selama jam perdagangan di Asia.

Lembaga-lembaga tersebut akan menggunakan harga harian untuk produk investor - yang menurutnya sekarang bisa mengalami peningkatan permintaan dari investor akhir dari lembaga-lembaga tersebut.

CME dan CF juga memiliki tingkat referensi dan indeks waktu nyata untuk token terkait metaverse seperti Axie Infinity Shards (AXS), Chiliz (CHZ), dan Decentraland (MANA).

Tingkat referensi perusahaan ini menggabungkan aliran perdagangan spot pertukaran kripto termasuk dari Bitstamp, Coinbase, Gemini, dan Kraken, dan bertujuan untuk memberikan harga referensi yang kredibel.

Tingkat referensi ini digunakan dalam penyelesaian kontrak berjangka termasuk produk berjangka Bitcoin dan Ether dari CME, yang menetap pada tingkat referensi waktu London.

Lembaga-lembaga telah memantau yurisdiksi yang ramah terhadap kripto seperti Hong Kong dan Singapura - dua wilayah yang telah melakukan langkah signifikan untuk memberikan kejelasan regulasi bagi bisnis kripto.