Genderang Perang Sudah Ditabuh, Facebook Bakal Gugat Apple Gara-Gara Hal Ini
CEO Facebook, Mark Zuckerberg (Fortune)

Bagikan:

JAKARTA - Perseteruan Facebook dan Apple kian memanas. Sebelumnya, Apple mengeluarkan kebijakan baru yang membuat aplikasi pihak ketiga seperti Facebook harus meminta izin kepada pengguna iPhone sebelum mengambil data.

Mark Zuckerberg menuding Apple menyalahgunakan kekuasaan sebab memaksa Facebook agar mengikuti aturan khusus dari App Store. Di sisi lain, aturan tersebut tidak berlaku untuk aplikasi milik Apple sebagaimana yang dilansir dari Business Insider.

Tidak hanya itu, Apple juga dianggap memaksa pengembang untuk memakai satu sistem pembayarannya. Facebook juga menuding kebijakan yang dikeluarkan perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu akan merugikan pengiklan yang ada di App Store.

Menurut laporan dari Business Insider, pihak Facebook membenarkan akan rencana gugatan terkait hal ini. Mereka juga mengatakan bahwa Apple melakukan monopoli.

“Kami percaya Apple bertindak secara antikompetitif dengan menggunakan kontrol terhadap App Store untuk mendapat keuntungan dengan mengorbankan pengembang aplikasi dan bisnis kecil,” tuding pihak Facebook.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu menilai kebijakan Apple akan menyulitkan industri iklan dari pengusaha kecil untuk mendapat lebih banyak pengguna. Facebook juga mengkhawatirkan pendapatan dari iklan bakal menurun karena efek dari aturan anyar Apple.

Facebook Ajak Perusahaan Lain

Rupanya Facebook tidak memperjuangkan hal ini seorang diri. Perusahaan pengembang game yang pernah terkena dampak aturan tersebut pada tahun lalu, Epic Games juga bakal menggugat Apple. Epic Games menuding Apple melakukan bisnis yang tidak adil.

Di sisi lain, Facebook juga mendorong perusahaan lain yang bernasib sama untuk melayangkan gugatan antimonopoli. Facebook mendesak Apple agar mau mengubah aturan App Store.

Sementara itu, Apple mengklaim bahwa aturan barunya itu untuk menangkal serangan malware dan penipuan yang marak terjadi.