Gunakan Teknologi <i>Reconfigurable Intelligent Surface</i>, China Mobile dan ZTE Sediakan Jaringan Internet yang Stabil untuk Asian Games
Kerja sama ZTE Corporation dengan China Mobile (foto: dok. ZTE)

Bagikan:

JAKARTA - ZTE Corporation, penyedia terkemuka global solusi teknologi informasi dan komunikasi, mengumumkan kerja samanya dengan China Mobile Research Institute dan China Mobile Zhejiang Branch pada Senin, 14 Agustus kemarin.

Melalui kerja sama ini, kedua pihak berhasil menyelesaikan verifikasi aplikasi 5G-A RIS (Reconfigurable Intelligent Surface) di stadion bersepeda untuk Asian Games ke-19 mendatang di Hangzhou.

Asian Games ke-19 akan dimulai di Hangzhou pada bulan September. Sebagai mitra layanan telekomunikasi resmi Asian Games, China Mobile memberikan jaminan jaringan. 

Dengan meningkatnya siaran langsung HD dan layanan lainnya, persyaratan jangkauan jaringan berkualitas tinggi di stadion menimbulkan tantangan baru bagi operator.

Dengan menggunakan teknologi RIS ini, perusahaan mengatakan bahwa ini akan meningkatkan kualitas cakupan sinyal, efektif dalam memenuhi persyaratan layanan berkapasitas besar di stadion, serta memberikan jaminan jaringan yang sangat baik untuk Asian Games.

Sebagai informasi, ZTE mencatat RIS adalah teknologi multi-antena baru yang berasal dari metamaterial elektromagnetik, dan dianggap sebagai salah satu teknologi utama dalam fase 5G-A dan 6G. 

Teknologi jenis ini sangat penting untuk memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi, komunikasi yang lebih andal, dan mendukung evolusi jaringan di masa depan.

"Solusi ini semakin meningkatkan jangkauan stasiun pangkalan dan memastikan pengalaman pengguna yang mulus dan berkualitas tinggi," tulis perusahaan dalam penjelasannya di situs resmi ZTE.