Bagikan:

JAKARTA  Banyak pekerja di seluruh Amerika Serikat (AS) beralih ke ChatGPT untuk membantu tugas-tugas dasar. Hal ini terlihat dalam temuan jajak pendapat Reuters/Ipsos, meskipun muncul adanya kekhawatiran yang telah membuat perusahaan seperti Microsoft dan Google mengurangi penggunaannya.

Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia sedang mempertimbangkan bagaimana cara terbaik untuk memanfaatkan ChatGPT, sebuah program chatbot yang menggunakan kecerdasan buatan generatif untuk menjalankan percakapan dengan pengguna dan menjawab berbagai permintaan. Namun, perusahaan-perusahaan keamanan dan perusahaan lainnya telah mengungkapkan kekhawatiran bahwa ini bisa menyebabkan kebocoran properti intelektual dan strategi.

Contoh-contoh anekdotal orang yang menggunakan ChatGPT untuk membantu pekerjaan sehari-hari mereka termasuk menyusun email, merangkum dokumen, dan melakukan penelitian awal.

Sebanyak 28% responden dalam jajak pendapat daring tentang kecerdasan buatan (AI) antara 11 hingga 17 Juli mengatakan mereka secara teratur menggunakan ChatGPT dalam pekerjaan mereka, sementara hanya 22% yang mengatakan bahwa majikan mereka dengan tegas mengizinkan penggunaan alat eksternal seperti itu.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos terhadap 2.625 orang dewasa di seluruh Amerika Serikat memiliki interval kredibilitas, sebuah ukuran ketepatan, sekitar 2 poin persentase.

Sebanyak 10% dari yang disurvei mengatakan bos mereka secara eksplisit melarang penggunaan alat AI eksternal, sementara sekitar 25% tidak tahu apakah perusahaan mereka mengizinkan penggunaan teknologi tersebut.

ChatGPT menjadi aplikasi yang paling cepat berkembang dalam sejarah setelah diluncurkan pada bulan November 2022. Ini telah menciptakan kegembiraan dan ketakutan, membawa pengembangnya, OpenAI, membuat konflik dengan regulator, terutama di Eropa, di mana pengumpulan data massal perusahaan tersebut telah menarik kritik dari penjaga privasi.

Pemeriksa manusia dari perusahaan lain dapat membaca salah satu percakapan yang dihasilkan, dan para peneliti menemukan bahwa kecerdasan buatan serupa dapat mereproduksi data yang diserap selama pelatihan, menciptakan risiko potensial untuk informasi properti.

"Orang-orang tidak memahami bagaimana data digunakan ketika mereka menggunakan layanan kecerdasan buatan generatif," kata Ben King, Wakil Presiden kepercayaan pelanggan di perusahaan keamanan korporat Okta.

"Bagi bisnis ini sangat penting, karena pengguna tidak memiliki kontrak dengan banyak AI - karena layanan gratis - jadi perusahaan tidak akan mengambil risiko melalui proses penilaian biasa mereka," kata King.

OpenAI menolak berkomentar ketika ditanya tentang implikasi penggunaan individu terhadap ChatGPT, tetapi menyoroti pos blog perusahaan baru-baru ini yang menjamin mitra korporat bahwa data mereka tidak akan digunakan untuk melatih chatbot lebih lanjut, kecuali mereka memberikan izin eksplisit.

Ketika orang menggunakan Bard milik Google, data seperti teks, lokasi, dan informasi penggunaan lainnya dikumpulkan. Perusahaan memungkinkan pengguna untuk menghapus aktivitas masa lalu dari akun mereka dan meminta konten yang dimasukkan ke dalam AI dihapus. Google yang dimiliki oleh Alphabet Inc., menolak berkomentar ketika diminta untuk detail lebih lanjut. Microsoft  juga tidak segera merespons permintaan komentar.

Seorang karyawan berbasis AS dari Tinder mengatakan pekerja di aplikasi kencan tersebut menggunakan ChatGPT untuk "tugas-tugas tidak berbahaya" seperti menulis email meskipun perusahaan secara resmi tidak mengizinkannya.

"Ini email biasa. Sangat tidak berbahaya, seperti membuat undangan kalender lucu untuk acara tim, email perpisahan ketika seseorang pergi ... Kami juga menggunakannya untuk penelitian umum," kata karyawan tersebut, yang tidak ingin disebutkan namanya karena tidak diizinkan untuk berbicara dengan wartawan.

Karyawan tersebut mengatakan Tinder memiliki "aturan tanpa ChatGPT" tetapi karyawan tetap menggunakannya dengan "cara umum yang tidak mengungkapkan apa pun tentang kami berada di Tinder".

Reuters tidak dapat secara independen mengonfirmasi bagaimana karyawan di Tinder menggunakan ChatGPT. Tinder mengatakan telah memberikan "panduan reguler kepada karyawan tentang praktik keamanan dan data terbaik".

Pada Mei lalu, Samsung Electronics melarang stafnya di seluruh dunia untuk menggunakan ChatGPT dan alat AI serupa setelah menemukan seorang karyawan telah mengunggah kode sensitif ke platform tersebut.

"Kami sedang meninjau langkah-langkah untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk penggunaan generative AI yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi karyawan," kata Samsung dalam pernyataan pada 3 Agustus. "Namun, sampai langkah-langkah ini siap, kami sementara membatasi penggunaan generative AI melalui perangkat perusahaan."

Reuters melaporkan pada bulan Juni bahwa Alphabet juga telah memberi peringatan kepada karyawan tentang bagaimana mereka menggunakan chatbot termasuk Google's Bard, pada saat yang sama ketika mereka memasarkan program tersebut secara global.

Google mengatakan meskipun Bard dapat memberikan saran kode yang tidak diinginkan, itu membantu programmer. Mereka juga mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk transparan tentang keterbatasan teknologinya.

PEMBATASAN SECARA UMUM

Beberapa perusahaan mengatakan kepada Reuters bahwa mereka merangkul ChatGPT dan platform serupa, sambil tetap memperhatikan keamanan.

"Kami telah mulai menguji dan belajar tentang bagaimana AI dapat meningkatkan efektivitas operasional," kata juru bicara Coca-Cola di Atlanta, Georgia, yang menambahkan bahwa data tetap berada di dalam firewall mereka.

"Secara internal, kami baru saja meluncurkan versi perusahaan dari Coca-Cola ChatGPT kami untuk produktivitas," kata juru bicara tersebut, yang menambahkan bahwa Coca-Cola merencanakan untuk menggunakan AI untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas tim mereka.

Chief Financial Officer Tate & Lyle, Dawn Allen, sementara itu, mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan produsen bahan baku global sedang menguji ChatGPT, setelah "menemukan cara untuk menggunakannya dengan aman".

"Kami memiliki tim-tim yang berbeda yang memutuskan bagaimana mereka ingin menggunakannya melalui serangkaian eksperimen. Haruskah kami menggunakannya dalam hubungan investor? Haruskah kami menggunakannya dalam manajemen pengetahuan? Bagaimana kami dapat menggunakannya untuk menjalankan tugas dengan lebih efisien?" kata Allen. 

Beberapa karyawan mengatakan mereka sama sekali tidak bisa mengakses platform tersebut di komputer perusahaan mereka.

"Itu sepenuhnya dilarang di jaringan kantor, seperti tidak berfungsi," kata seorang karyawan Procter & Gamble, yang ingin tetap anonim karena tidak diizinkan untuk berbicara kepada pers.

P&G menolak untuk berkomentar. Reuters tidak dapat secara independen mengonfirmasi apakah karyawan di P&G tidak dapat menggunakan ChatGPT.

Paul Lewis, kepala petugas keamanan informasi di perusahaan keamanan siber Nominet, mengatakan bahwa perusahaan dengan bijak untuk bersikap waspada.

"Setiap orang mendapatkan manfaat dari peningkatan kemampuan tersebut, tetapi informasi tersebut tidak sepenuhnya aman dan dapat direkayasa keluar," katanya, mengutip "perintah jahat" yang dapat digunakan untuk membuat chatbot AI mengungkapkan informasi.

"Sebuah larangan umum belum pantas, tetapi kita perlu berjalan dengan hati-hati," kata Lewis.