Menkominfo Ajak Industri Telekomunikasi Bersinergi untuk Mengembangkan Industri Telekomunikasi di Indonesia
Menkominfo Budi Arie Setiadi (foto: dok. Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak semua penyelenggara layanan telekomunikasi seluler untuk bersinergi bersama guna mendorong pengembangan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia.

Karena menurut Budi, sinergi yang kuat antar sektor sangatlah penting untuk memberikan layanan kepada masyarakat, di tengah ekosistem digital yang terus berkembang.

"Mana yang nanti bisa kita sinergikan, terutama dalam pelayanan digitalisasi untuk rakyat, karena ekosistem digital ini terus berkembang," kata Menkominfo Budi dalam siaran resminya, dikutip Rabu, 26 Juli.

Tidak lupa, Menkominfo meminta penyelenggara layanan telekomunikasi seluler untuk mengambil peran dalam mencegah penyebaran konten iklan perjudian melalui Short Message System (SMS). Budi meminta perusahaan untuk memblokir nomor-nomor yang menyebarkan iklan atau konten perjudian.

"Operator seluler juga harus bantu, blok nomor-nomor (penyebar iklan perjudian, red.) ini jangan sampai dipakai," ungkapnya.

Selain itu, mengenai isu kebocoran data yang masih berlangsung di Indonesia, Budi meminta agar operator seluler sebagai pengumpul data pribadi lebih cermat dalam menjaga keamanan data pribadi pelanggan agar tidak terjadi kebocoran data. 

"Kita harus jaga lembaga maupun institusi yang mengumpulkan data pribadi, supaya jangan digunakan tidak sebagaimana mestinya," katanya.

Terakhir, Menkominfo mendorong Telkom Group untuk terus berinovasi demi agar lebih maju di masa depan. "Inovasi adalah kunci kemajuan, terus maju, masa depan tidak memerlukan air mata," ujarnya seperti yang dituliskan dalam prasasti digital di TIOC.