Berkolaborasi dengan RIA Money Transfer, DANA Hadirkan Fitur Remitansi Masuk untuk Pekerja Migran Indonesia
Konferensi pers peluncuran fitur Inbound Remittance DANA (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki arus transaksi devisa masuk yang cukup tinggi, yang berasal dari para pekerja migrannya. Tahun lalu, data Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menunjukkan jumlah transaksi devisa masuk dari pekerja migran Indonesia (PMI) mencapai 9,71 juta dolar AS, atau setara dengan Rp 145 triliun. 

Tapi sayangnya, masih banyak masalah yang dirasakan PMI untuk mengirimkan uang mereka kepada keluarganya, yang kebanyakan tinggal di daerah yang jauh dari perkotaan, dan tidak memiliki rekening bank atau unbanked

Untuk menjawab masalah tersebut, dompet digital DANA berkolaborasi dengan RIA Money Transfer dalam memberikan layanan pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia atau Inbound Remittance

"Remitansi menjadi substansi penting yang perlu kami sorot, mengingat besarnya kontribusi remitansi yang dihasilkan PMI untuk pertumbuhan dan visa negara, sekaligus kesejahteraan keluarga mereka," ujar Chief of Products DANA Indonesia Rangga Wiseno dalam konferensi persnya pada Selasa, 27 Juni di Jakarta. 

Melalui kerja sama ini, Rangga berharap efisiensi yang ditawarkan dompet digital seperti DANA dapat menstabilkan performa remitansi di masa yang akan datang serta ikut meningkatkan literasi maupun inklusi keuangan masyarakat. 

Melihat inovasi baru ini, Sri Andayani, Direktur Penempatan Nonpemerintah Kawasan Asia dan Afrika Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melihat prospek yang cerah dari remitansi bagi pekerja migran Indonesia.

"Banyak dari keluarga PMI belum memiliki rekening, sehingga alternatif pengiriman uang yang masuk ke DANA bisa menjadi solusi pada saat ini. Kemudahan pembukaan akses keuangan oleh DANA juga memberikan manfaat bagi peningkatan inklusi keuangan," pungkasnya. 

Cara Kerja Fitur Inbound Remittance DAN dan RIA Money Transfer

Saat ini, layanan remitansi masuk DANA dan RIA Money Transfer dapat dilakukan oleh pekerja migran Indonesia di seluruh penjuru dunia, termasuk dari Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan. 

Pekerja migran Indonesia yang merupakan nasabah RIA Money Transfer atau disebut beneficiary, dapat mengirim uang ke Tanah Air dengan menyetor uang melalui layanan RIA Money Transfer hanya dengan memasukan nomor telepon saja. 

Kemudian, penerima remitansi diharuskan memiliki akun dan menggunakan aplikasi DANA untuk menerima dana sesuai nominal yang disetorkan. Dana akan diterima dalam bentuk saldo DANA dan dapat segera digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

Lewat jaringan dan ekosistem terbuka yang luas, DANA juga memungkinkan keluarga penerima remitansi untuk melakukan tarik tunai (Over the Counter atau OTC) di beberapa gerai mitra DANA yang tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia, melalui Alfamart, Pegadaian, dan Lawson.