Bagikan:

JAKARTA - Pakar Kaspersky baru-baru ini meneliti adanya kerentanan keamanan yang bisa ditemukan dari smart feeders hewan peliharaan yang memungkinkan eksekusi kode tidak sah, memodifikasi pengaturan perangkat, dan pencurian informasi sensitif, termasuk umpan video langsung yang dikirim ke server cloud. 

Dengan adanya kamera pengawas di dalamnya, itu kemudian memunculkan potensi di mana penjahat dunia maya mengubah smart feeders menjadi alat pengawasan yang membahayakan privasi dan keamanan pengguna.

Agar semua perangkat pintar tetap aman dan terlindungi, pakar Kaspersky menyusun kiat-kiat berikut:

Selalu perbarui perangkat Anda: Perbarui firmware dan perangkat lunak semua perangkat yang terhubung secara rutin, termasuk smart feeders hewan peliharaan. Pembaruan ini sering kali berisi tambalan keamanan penting yang mengatasi kerentanan.

Teliti sebelum membeli: Sebelum melakukan pembelian smart feeders hewan peliharaan atau perangkat apa pun yang terhubung, teliti reputasi produsen untuk keamanan dan privasi. Pilih perangkat dari merek ternama yang mengutamakan keamanan dan memberikan pembaruan rutin.

Berhati-hatilah dengan izin aplikasi: Tinjau dan batasi izin yang diberikan ke aplikasi seluler yang terkait dengan smart feeders hewan peliharaan Anda. Hanya berikan akses secukupnnya ke fitur dan data, serta hindari pemberian hak istimewa yang berlebihan.

Gunakan solusi solusi keamanan: Tidak lupa, Kaspersky juga menyarankan untuk menggunakan solusi keamanan yang andal juga akan sangat membantu dalam mengamankan dan melindungi seluruh ekosistem cerdas.