Survei: Pria Lebih Bertanggung Jawab Atas Perangkat Pintar Keluarganya
Ilustrasi pria mengatur perangkat cerdas (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah survei global yang dilakukan baru-baru ini oleh Kaspersky mengungkapkan bahwa terdapat kesenjangan terkait mereka yang biasanya bertugas dalam pemeliharaan dan pembelian perangkat pintar di rumah. 

Secara khusus, 72 persen pria adalah mereka yang memasang perangkat pintar di rumah mereka, sementara untuk wanita memiliki persentase sebanyak 47 persen saja.

Menurut riset pasar digital, jumlah hunian dengan perangkat rumah pintar yang aktif diperkirakan mencapai 573,7 juta pengguna pada tahun 2026. Penetrasi rumah tangga diperkirakan mencapai 25,0 persen pada tahun itu.

Hasil survei Kaspersky juga menunjukkan bahwa pria lebih sering merawat perangkat pintar keluarganya. Ketika pengaturan Wi-Fi perlu diubah pada router rumah atau perangkat baru ditambahkan ke jaringan, pekerjaan ini kebanyakan dilakukan oleh pria (75 persen), sementara untuk wanita hanya 50 persen yang melakukan tugas ini.

Situasinya hampir sama ketika menginstal perangkat lunak dan aplikasi di komputer, sebanyak 72 persen pria bertanggung jawab untuk tugas ini, sedangkan wanita hanya 47 persen saja. 

Berbeda dengan survei di atas, jika terkait dengan kebiasaan digital anak-anak, data menunjukkan bahwa kedua orang tua sama-sama bersedia mengontrol waktu anak-anak di ponsel cerdasnya. Secara khusus, 67 persen pria dan 54 persen wanita memantau waktu yang dihabiskan si kecil dengan ponselnya.

“Perangkat dan solusi rumah pintar dapat secara signifikan meningkatkan dan memfasilitasi aktivitas sehari-hari orang. Pada saat yang sama, poin utamanya adalah perangkat pintar modern dan solusi keamanan harus dapat diakses oleh semua orang, tanpa memandang jenis kelamin dan usia,” kata Marina Titova, Wakil Presiden, Pemasaran Produk Konsumen di Kaspersky.

Agar semua perangkat pintar tetap aman dan terlindungi, pakar Kaspersky menyusun kiat-kiat berikut:

  • Membeli perangkat rumah pintar bekas bukanlah praktik yang aman. Firmware mereka dapat dimodifikasi oleh pemilik sebelumnya untuk memberikan kontrol penuh kepada penyerang jarak jauh atas ekosistem rumah pintar pengguna
  • Penting juga untuk tidak lupa mengubah kata sandi default. Gunakan kata sandi yang kompleks dan perbarui secara teratur
  • Menjaga keamanan jaringan Anda dengan merahasiakan nomor seri, alamat IP, dan informasi sensitif lainnya. Jangan bagikan perangkat pintar pengguna di jejaring sosial
  • Solusi keamanan yang andal juga akan sangat membantu dalam mengamankan dan melindungi seluruh ekosistem rumah pintar
  • Instal semua pembaruan yang dirilis oleh pengembang secara tepat waktu.