Bagikan:

JAKARTA - Di tengah banyaknya ancaman siber yang menargetkan anak-anak, Kaspersky melihat bahwa pengetahuan tentang hal ini bukan hanya perlu dimiliki oleh orang tua saja, tetapi juga anak-anak. 

“Hal ini mencakup perkembangan dan popularitas AI dan rumah pintar, serta perluasan dunia gim dan industri FinTech. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajarkan anak-anak dasar-dasar keamanan siber sejak usia dini,” kata Andrey Sidenko, pakar keamanan dan privasi di Kaspersky. 

Pakar Kaspersky juga meyakini bahwa melindungi anak-anak dari ancaman keamanan siber pada tahun 2024 memerlukan tindakan proaktif dari orang tua, di antara lain:

  • Tetap mendapatkan informasi tentang ancaman terkini dan secara aktif memantau aktivitas online anak-anak.
  • Sangat penting bagi orang tua untuk berkomunikasi secara terbuka dengan anak-anak mereka tentang potensi risiko yang mungkin akan dihadapi saat online dan menerapkan pedoman yang ketat untuk memastikan keselamatan mereka.
  • Untuk mengamankan anak dari mengunduh file berbahaya apa pun selama bermain gim, Kaspersky menyarankan untuk menginstal solusi keamanan tepercaya di perangkat mereka.
  • Dengan alat yang tepat seperti aplikasi pengasuhan anak digital, orang tua dapat secara efektif melindungi anak-anak mereka dari ancaman dunia maya di era digital.