Microsoft akan Hadirkan Dukungan Suara ke Chatbot AI Bing di Desktop
Contoh tampilan Chatbot AI Bing fi desktop. (Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak mengumumkan chatbot AI Bing, Microsoft terus meluncurkan fitur-fitur baru lainnya. Baru-baru ini, perusahaan mengumumkan peluncuran dukungan suara atau voice support ke chatbot mesin pencari di Edge untuk PC, yang ditenagai oleh teknologi GPT-4 OpenAI. 

"Kami terus mengirimkan fitur yang diumumkan sebelumnya dan menanggapi umpan balik produk Anda. Catatan Rilis ini akan memberitahu Anda tentang fitur mana yang telah dikirimkan dan tersedia sepenuhnya untuk semua orang mulai hari ini," kata Microsoft dalam pengumuman di situs resminya. 

Fitur dukungan ini awalnya diluncurkan di seluler. Melihat banyaknya pengguna yang suka menggunakan input suara untuk mengobrol di seluler, maka dukungan suara itu kemudian dihadirkan juga oleh Microsoft ke desktop. 

Menurut perusahaan, untuk menggunakan dukungan suara chatbot AI Bing ini, Anda hanya perlu mengklik ikon mikrofon di kotak Bing Chat (Obrolan Bing).

Dukungan ini sementara baru tersedia untuk lima bahasa saja. Namun, Microsoft mengatakan bahwa dukungan suara ini akan hadir untuk lebih banyak bahasa di masa mendatang.

"Saat ini kami mendukung bahasa Inggris, Jepang, Prancis, Jerman, dan Mandarin, dengan lebih banyak bahasa akan segera hadir," ujar raksasa teknologi itu. 

Lebih lanjut, Bing Chat juga mendukung jawaban teks ke ucapan, dengan demikian dukungan ini akan menjawab pertanyaan Anda dengan suaranya sendiri.  

Seperti yang dicatat oleh The Verge, Microsoft telah memperkenalkan dukungan suara untuk Bing Chat di desktop ini tidak lama setelah mengumumkan bahwa mereka akan mematikan aplikasi Cortana untuk Windows, yang berfungsi sebagai asisten suara, akhir tahun ini.