Apple Umumkan Inovasi Privasi dan Keamanan Terbarunya dalam WWDC 2023
Apple umumkan fitur keamanan barunya (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Selama Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023, Apple mengumumkan inovasi privasi dan keamanan terbarunya, termasuk pembaruan besar untuk Penjelajahan Pribadi Safari, Keamanan Komunikasi, dan Mode Penguncian, serta peningkatan privasi aplikasi. 

Upaya baru ini merupakan perwujudan terbaru dari keyakinan mendalam Apple bahwa privasi adalah hak asasi manusia dan bahwa privasi yang baik dibangun di atas dasar keamanan yang kuat.

“Privasi dirancang ke dalam setiap produk dan fitur baru Apple sejak awal. Kami berfokus untuk menjaga pengguna kami tetap berada di kursi pengemudi ketika menyangkut data mereka dengan terus menyediakan fitur privasi terdepan di industri dan keamanan data terbaik di dunia," kata Craig Federighi, wakil presiden senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple dalam pernyataannya. 

Berikut ini adalah pembaruan dan peningkatan sistem keamanan Apple yang diumumkan selama WWDC 2023:

Pembaruan untuk Safari Penjelajahan Pribadi

Dengan pembaruan ini, tahun ini Apple memberikan perlindungan saat pengguna menjelajahi web dengan perlindungan pelacakan lanjutan dan sidik jari. Dengan demikian, Penjelajahan Pribadi sekarang terkunci saat tidak digunakan, memungkinkan pengguna untuk tetap membuka tab bahkan saat menjauh dari perangkat.

Penyempurnaan Izin Privasi Foto

Saat aplikasi meminta untuk mengakses seluruh perpustakaan foto pengguna, pengguna akan diperlihatkan lebih banyak informasi tentang apa yang akan mereka bagikan, bersama dengan pengingat pilihan mereka sesekali.

Tautan Perlindungan Pelacakan di Pesan, Mail, dan Safari Penjelajahan Pribadi

Beberapa situs web menambahkan informasi tambahan ke URL mereka untuk melacak pengguna di situs web lain. Dengan pembaruan ini, sekarang informasi tersebut akan dihapus dari tautan yang dibagikan pengguna di Pesan dan Mail, dan tautan tersebut akan tetap berfungsi seperti yang diharapkan. 

Peningkatan Privasi Aplikasi

Perubahan ini juga meningkatkan integritas rantai pasokan perangkat lunak dengan mendukung tanda tangan untuk praktik data kit pengembangan perangkat lunak (SDK) pihak ketiga guna menambahkan lapisan perlindungan lain terhadap penyalahgunaan.

Keamanan Komunikasi Keamanan Komunikasi

API baru Apple akan memungkinkan pengembang mengintegrasikan Keamanan Komunikasi langsung ke aplikasi mereka. Selain itu, fitur ini sekarang akan membantu anak-anak tetap aman saat mereka mengirim dan menerima AirDrop, pesan video FaceTime, dan saat menggunakan aplikasi Telepon untuk menerima Poster Kontak dan pemilih Foto untuk memilih konten yang akan dikirim. 

Peringatan Konten Sensitif 

Konten Sensitif membantu pengguna dewasa menghindari melihat gambar dan video telanjang yang tidak diinginkan saat menerimanya di Pesan, AirDrop, pesan video FaceTime, dan aplikasi Telepon saat menerima Poster Kontak, semuanya menggunakan teknologi penjaga privasi yang sama di inti Keselamatan Komunikasi. Fitur ini opsional dan dapat diaktifkan oleh pengguna di pengaturan Privasi & Keamanan.