Yuk Intip Pentingnya Mengembangkan Website untuk Bisnis Online
Ilustrasi website untuk bisnis (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang pesat saat ini, mengalihkan atau memperluas kehadiran bisnis dari offline ke online menjadi suatu keharusan bagi bisnis apa pun. 

Untuk itu, salah satu langkah kunci untuk memanfaatkan potensi online secara maksimal adalah dengan mengembangkan website yang efektif. Website ini tidak lagi sekadar menjadi etalase online, tetapi juga menjadi pondasi utama bagi kesuksesan bisnis online.

Tanggal 19 Mei 2023 Indobot, suatu platform pembelajaran online yang fokus pada dunia Internet of Things (IoT), mengadakan Webinar Gratis dengan tema “Mengembangkan Web Toko Online Menggunakan Framework Laravel”.

Disampaikan oleh ahli dibidangnya, Laili Muzzamil Septiandi selaku Backend Developer di CV Technopartner Indonesia menjelaskan tentang pengertian dari laravel dan juga beberapa studi kasus tentang pembuatan toko online menggunakan framework laravel. 

Menurut Laili, memiliki website yang ketinggalan zaman atau tidak responsif dapat mengirimkan sinyal negatif kepada pelanggan potensial. 

Tidak hanya itu, Laili juga menjelaskan penting bagi bisnis untuk rutin memperbarui website mereka dengan mengikuti tren-tren terkini. 

"Dalam upaya untuk bersaing dengan bisnis sejenis, pelaku bisnis perlu memperbarui dan memperbaiki website secara teratur, mengikuti tren terkini, dan mengoptimalkan pengalaman pengguna," kata Laili. 

Mengingat semakin berkembangnya teknik-teknik serangang siber yang dilontarkan para penjahat dunia maya, jika menggunakan website jadul, maka akan mempermudah penjahat dunia maya mengakses ke data-data penting bisnis Anda. 

Karena keamanan merupakan hal penting di era digital, penggunaan aplikasi IoT untuk menciptakan solusi security dapat dilakukan dengan mudah oleh para pelaku bisnis.